Rekapitulasi KPU, Hendy-Ita Menang di Semua Kecamatan Kota Semarang

1
101

rekap kpuSemarang,kompasriau.com – KPU Kota Semarang sudah melakukan rekapitulasi  Pilkada 2015 yang digelar 9 Desember lalu. Hasilnya, pasangan nomor urut 2 yaitu Hendrar Prihadi (Hendy) – Hevearita Gunaryanti (Ita) memperoleh suara terbanyak dan melibas seluruh Kecamatan di Kota Semarang.

Pada rapat Pleno Rekapitulasi di Balai Kota Semarang, disebutkan pasangan nomor urut 1 yaitu Soemarmo-Zuber Syafawi yang diusung PKB dan PKS memperoleh 220.745 suara. Kemudian nomor urut 2, Hendy-Ita yang diusung PDIP, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat mendapatkan 320.237 suara. Sedangkan nomor urut 3 yaitu Sigit Ibnugroho-Agus Sutyoso yang diusung Partai Gerindra, Partai Golkar, dan PAN memperoleh 149.712 suara.

“Kita berhasil menggelar rapat pleno rekapitulasi dari seluruh Kecamatan. Sudah dibacakan, semua pasangan calon, saksi, menerima hasil perolehan,” kata ketua KPU Kota Semarang, Henry Wahyono, Rabu (16/12/2015).

Pasangan Hendy-Ita unggul di 16 Kecamatan yang artinya semua Kecamatan di Kota Semarang dimenanginya. Total  suara sah mencapai 690.694 dan suara tidak sah ada  40.713 suara, total sah dan tidak sah yaitu 731.407 suara.

“Tingkat partisipasi pemilih sudah mencapai 65,97%,” tandasnya.

Rapat pleno yang dijaga 100an polisi itu berjalan lancar hingga dituangkan dalam berita acara. Sempat terjadi dialog antara KPU dan Panwaslu terkait rekomendasi pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 10 Bandarharjo karena dugaan penggelembungan suara.

“Memang ada catatan, tapi kami tidak akan melakukan PSU karena tidak cukup bukti. Saksi di Panwas sudah berbalik, saat di Panwas dia tertekan. Dari buktinya tidak ada,” pungkas Henry.

Lebih lanjut pihaknya mempersilakan jika ada yang merasa keberatan dengan keputusan pada rapat pleno tersebut. Pihak yang keberatan bisa mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi dalam kurun waktu 3×24 jam.

1 COMMENT

  1. Appreciating the hard work you put into your website and in depth information you offer.
    It’s nice to come across a blog every once in a while that isn’t the
    same outdated rehashed material. Wonderful read!
    I’ve bookmarked your site and I’m adding your
    RSS feeds to my Google account.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here