Tradisional Masyarakat Pesisir, Pegiat Kapal Motor

0
173

ft-angga-5-300x199KOMPASRIAU.COM- Kerajinan pembuat kapal perahu motor masih bertahan dan ditekuni oleh beberapa masyarakat yang  bekerja dan menghasilkan pndapatan sehari-hari dengan bekerja sebagai tukang pembuat kapal perahu motor.

Tukang pembuatan kapal motor masih ditekuni  oleh sebagaian masyarakat untuk menambah pendapatan ekonomi keluarga. Apalagi kian tahun pesanan pun terus bertambah walaupun ketersedian bahan baku susah untuk didapat. Bagi masyarakat tradisional, kapal motor atau kerap disapa masyarakat cina dengan sebutan tongkang yang artinya tong adalah tempat sementara kang berartikan perahu.

Hal itulah yang membuat aktivitas masyarakat tradisional sebagai pembuatan kapal perahu kayu masih bertahan sampai detik ini. Pekerjaan tersebut bukan hanya sebagai keahlian tetapi merupakan pekerjaan tetap dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.  Kemarin saat di temui Dumaip Pos di Jalan Nelayan Laut, Kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai Barat, Amat Tongkan begitu orang memanggilnya bersama beberapa anak buahnya sibuk melakukan aktivitas rutinnya.

“Kita melakukan pekerjaan ini dari tahun 1987 di sini (bibir pantai jalan nelayan darat red) biasanya kapal kayu yang di kerjakan di pesan oleh penguasaha kapal kayu, disini kita dock kapal yang akan di perbaiki,selain perbaiki juga disini kapal perahu kayu di produksi dengan peralatan tradisional.”ujarnya Amat tukang pembuat kapal tradisional.

Tukang pembuat perahu tradisional sudah berkecimpung didalam dunia produksi kapal yang merupakan tempat pokok mereka mencari nafkah dan menutupi kebutuhan ekonomi sehari-hari. sehingga kini pekerja pembuat kapal tradisionalpun masi bertahan.

Jafar tukang, juga menambahkan hasil pendapatan tukang satu harinya di upah dengan uang sebesar 100ribu rupiah. kendala yang di alami saat perbaikian atau pembuatan kapal selalu di keluhkan karena bahan kayu jenis meranti sulit untuk di dapatkan. sehingga terkadang pekerjaan menjadi terkendala oelh bahan yang tersedia.(RPC)

Sumber: Dumaipos.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here