Melalui Kuasa Hukum Advokat Cassarolly Sinaga SH, Ahli Waris Almarhum Abdullah Dang Bakal Gugat PT Pertamina Dan CPI

0
241

Dumai, kompasriau.com  – Dalam waktu dekat,Advokat/Pengacara muda asal kelahiran Dumai,Cassarolly Sinaga,SH,mewakili seluruh Ahli Waris Almar Humum Abdullah,dikabarkan bakal menggugat pihak menageman PT CPI ( Cevron Pasific Indonesia ) dan PT ( Persero ) Pertamina RU II  Dumai.

Adanya rencana akan menggugat pihak PT CPI dan Pertamina itu,menurut salah seorang cucu Almarhum Abdullah Dang, akibat tidak adanya etikad baik dari pihak PT CPI maupun PT ( Persero ) Pertamina RU II Dumai,untuk menyelesakan ganti rugi tanah seluas 6,3 HA ( 63,580 M2 ) milik Almarhum Abdullah Dang.Yang hingga kini menurut Nasir Effendi ( cucu Almarhum Abdullah Dang ),dijadikan oleh pihak PT CPI dan PT ( Persero ) Pertamina RU II Dumai, sebagai tempat bongkar,muat dan penumpukan pipa.

“Benar,dalam waktu dekat,melalui Kuasa Hukum/Advokat Cassorolly Sinaga,SH,kami akan menggugat kedua perusahaan itu.”Ungkap salah seorang cucu Almarhum Abdullah Dang,bernama Nasir Effendi,kepada kompasriau.com di Tanjung Palas,Kecamatan Dumai Timur,Minggu ( 24/01 )

Cassarolly Sinaga,SH,saat dikonfirmasi terkait kebenaran informasi yang disampaikan Nasir Effendi.Advokat muda ini juga membenarkan adanya upaya perlawanan hukum yang akan mereka lakukan.”Benar,mereka,para ahli waris ( keturunan almarhum Abdullah Dang ) telah memberikan kuasa sepenuhnya kepada saya.Namun,sebelum mendaftarkan gugatan ke Pengadilan Negeri setempat,Saya akan tetap upayakan menyelesaikan secara kekeluargaan.”Ujar Cassarolly.

Beberapa langkah upaya untuk menyelesaikan secara kekeluargaan menurut Cassarolly Sinaga,SH,seperti melayangkan surat Somasi I ( Pertama ) dan Ke II ( Dua ) kepihak PT CPI dan PT Pertamina RU II Dumai dan pengajuan surat permohonan untuk Hearing ( Dengar Pendapat ) ke pihak DPRD Dumai pada hari Kamis ( 21/01 ).

Permohonan dengar pendapat ( Hearing ) tersebut menurut Cassarolly Sinaga SH, sehubungan dengan tidak dibalasnya surat Somasi I ( Pertama ) dan Ke II ( Dua ) yang disampaikan oleh Kuasa Hukum Zainun Binti Abdullah Dang kepada pihak PT CPI ( Cevron Pasific Indonesia ) dan PT ( Persero ) Pertamina RU II Dumai.

Dimana dalam isi Somasinya tersebut, menurut Cassarolly Sinaga,SH selaku Kuasa Hukum dari Zainun Binti Abdullah Dang, dia meminta agar pihak PT.CPI maupun Pertamina RU.II Dumai segera membayarkan ganti rugi atas sebidang tanah atas nama Abdullah Dang ( Almarhum ),orangtua dari Zainun Bin Abdullah Dang yang perwakilan seluruh ahli waris lainnya.

“Tidak dibalasnya Somasi dari Kami selaku Kuasa Hukum, Kami anggap sebagai bentuk arogansi dari Perusahaan berskala Internasional dan Nasional, sehingga mungkin Perusahaan tersebut tidak merasa perlu menanggapi persoalan masyarakat kecil seperti Klien Kami “ ujar Advokat muda ini.

Adapun dasar pembayaran ganti rugi tersebut menurut Advokat Cassarolly Sinaga,SH. Dikarenakan Kliennya maupun ahli waris lain belum pernah menerima pembayaran ganti rugi atas sebidang tanah dengan alas hak “Soerat Djoeal Beli Reg 18 tahun 1939” atas nama Alm.Abdullah Dang, yang hingga sekarang masih diduduki dan dikuasai oleh pihak PT ( Persero ) Pertamina RU II Dumai.

“Bila mengacu kepada Persil nomor 321 dan bukti asli Soerat Djoeal Beli Reg 18 tahun 1939 ini, Almarhum Abdullah Dang memiliki lahan/tanah seluas 63,580 M2 di areal Kilang Minyak PT ( Persero ) Pertamina RU II Dumai,Jalan Putri Tujuh Dumai. Lalu kenapa,saat terjadi pembayaran/pembebasan ganti rugi lahan tahun 1978, Klien saya tidak mendapatkan haknya ?.”Kata Cassarolly Sinaga,SH,dengan nada Tanya.

Atas keperihatinannya terhadap penderitaan anak kandung dan ahli waris lainnya dari anggota Markas Ranting Veteran Leguin Veteran Republik Indonesia wilayah Dumai itu, Cassarolly bertekad untuk memperjuangkan hak-hak dari Kliennya yang terzolimi.

“Karena Somasi Kami tersebut tidak ditanggapi lah, maka Kami selaku Kuasa Hukum melayangkan surat permohonan hearing ke DPRD Dumai. Sebagai wakil rakyat, Kami harap DPRD Dumai bisa memanggil pihak PT.CPI dan Pertamina RU.II untuk duduk bersama menyelesaikan permasalahan ganti rugi tanah tersebut.” Tandasnya”

Sementara Tengku Rubiah,selaku orang atau pegawai yang membidangi bahagian hukum di PT ( Persero ) Pertamina RU II Dumai,saat dikonfirmasi kompasriau.com terkait Somasi I dan Ke II dari Advokat Cassarolly Sinaga,SH.Dia justru berkata,tak perlu menanggapi.”Somasi itu kan tembusan,Jadi untuk apa ditanggapi.”Ujar Tenggku Rubiah,menjawab kompasriau.com,Minggu ( 24/01 ).( Mulak Sinaga )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here