Kepala KLH Dumai: Kalau Pelaku Usaha Pabrik Tahu Tidak Mengindahkan Solusi, Maka Usaha Tersebut Akan Ditutup

0
177

Jpeg

Dumai. Kompasriau.com. -Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Dumai, Bambang Suprianto, yang didampingi Kasi pengawasan KLH, Dian Arfad, saat dimintai tanggapannya diruang kerjanya, terkait bau busuk limbah pabrik tahu di sepanjang parit Jalan Swadaya, Selasa (12/4/2016) dengan tegas mengatakan,”Kalau pengusaha pabrik tahu tersebut tidak mengindakan solusi yang telah disepakati,  tentu usaha pabrik tahu tersebut akan ditutup,”tegas Bambang Suprianto kepada wartawan kompasriau.com.

Menurutnya Bambang, bahwa pada hari Rabu (6/4/2016) lalu, pihak KLH Kota Dumai, Disperindag Dumai, dan pihak kesehatan telah dimediasi oleh LKKMD. Kemudian dalam kesimpulannya, pihak pelaku usaha sepakat membuat septic tank.

Lanjutnya, dalam musyawarah tersebut Samuel Turnip sebagai anggota DPRD Dumai saat itu mempunyai wacana, kalau permasalahan limbah pabrik tahu tersebut akan dibawa ke tingkat propinsi untuk mencari solusinya, dan akan menyediakan mobil tangki khusus untuk penyedot air limbah tahu tersebut.

“Kemungkinan dalam minggu ini, pihak KLH Dumai dan instansi terkait akan turun kelapangan untuk mencari solusinya. Setiap pelaku usaha pabrik tahu tersebut harus membuat septic tank khusus untuk pembuangan air limbah pabrik tahu tersebut, tetapi bila pelaku usaha pabrik tahu itu tidak mengindahkan solusinya, dan tidak mau membuat septic tank, tentu kita akan tutup usaha tersebut,”tegas Bambang Suprianto.

Ditempat terpisah, Rini sebagai  petugas di kantor Badan Pelayanan Terpadu Dan Penanaman  Modal (BPTPM) Kota Dumai, saat dikonfirmasi kompasriau.com, Selasa (12/04/2016) mengatakan usaha pabrik tahu tersebut tidak memiliki izin operasional.

“Kemarin kami sudah koordinasi dengan pihak KLH Dumai. Menurut pihak KLH Dumai, dalam waktu dekat pihaknya dan instansi terkait akan turun kelapangan. Tetapi yang lebih jelasnya coba Bapak konfirmasi kepada Bapak Dian Arfad sebagai kasi pengawasa di KLH Dumai,”ujar Rini dengan nada ramah kepada kompasriau.com.

Seperti dikabarkan media kompasriau.com sebelumnya, bahwa saat ini bau busuk Limbah pabrik tahu yang mengalir disepanjang parit Jalan Swadaya membuat resah masyarakat yang berdomisili disekitar pinggir parit jalan swadaya itu.

Bahkan masyarakat sangat berhadap kepada petugas kantor Lingkungan Hidup Kota Dumai, Lurah Bukit Batrem dan komisi III DPRD Dumai, untuk mencari solusi terkait bau busuk air limbah pabrik tahu tersebut.

Pasalnya, dari pengakuan sejumlah pemilik kedai disekitar jalan swadaya lingkungan RT 03 kepadakompasriau.com, bahwa bau busuk limbah pabrik tahu disepanjang parit jalan swadaya tersebut sudah berlangsung cukup lama, namun hingga saat ni belum ada tindakan hukum yang dilakukan pihak-pihak terkait di Kota Dumai, padahal usaha pabrik tahu tersebut tidak memilki izin operasional dari pemerintah.**(Erick Chandra)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here