Bupati Bengkalis :Al-Qur’an Adalah Lampu Penerang Hati Dalam Menembus Gelapnya Liku Liku Kehidupan

0
103

TANJUNGMEDANG-BENGKALIS, kompasriau.com  – Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengatakan, Al-Qur’an adalah lampu penerang hati dalam menembus gelapnya lika-liku hidup dan kehidupan. Benteng pertahanan nan kokoh dari pesona godaan yang menyesatkan.

“Bahkan Al-Qur’an adalah kitab suci, yang sarat dengan inspirasi dan motivasi, agar umat manusia memperluas wawasan, memperdalam ilmu pengetahuan, menyempurnakan akhlak pergaulan, serta menciptakan generasi-generasi rabbani nan qur’ani, yang handal dan berakhlakul karimah,” jelasnya.

Amril mengatakan itu ketika membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-14 tingkat Kecamatan Rupat Utara tahun 2016 di Desa Puteri Sembilan, Selasa (3/5) malam.

MTQ yang diikuti 118 orang peserta dari 8 desa se-Rupat Utara itu bakal berlangsung hingga Sabtu (7/5) mendatang.

Ditambahkannya, salah satu upaya umat Islam menjadikan Al-Qur’an berfungsi seperti itu, termasuk di daerah ini, dengan melaksanakan MTQ. Mulai dari tingkat desa/kelurahan, sampai ke tingkat kabupaten. Katanya, ada salah satu makna yang terkandung di dalam pelaksanaan MTQ. Yakni, makna ekspresif atau makna yang dipahami oleh setiap personal.

“Hakikinya MTQ bertujuan untuk mensyi’ar agama Islam dengan Al-Qur’an. Namun secara pribadi banyak yang menjadikannya sebagai ajang motivasi, meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an. Itulah makna ekspresif yang dimaksud.

Apabila umat Islam, khusus generasi muda mau memetik makna ekspresif dari setiap pelaksanaan MTQ, katanya lagi, maka satu anak tangga untuk mewujudkan dan terciptanya generasi qur’ani yang unggul, cerdas dan berakhlakul karimah, sudah kita naiki bersama, untuk melangkah ke anak tangga berikutnya.

Sebagaimana temanya, adapun azam masyarakat Rupat Utara yang ingin diwujudkan melalui MTQ di Puteri Sembilan ini, terciptanya generasi qur’ani yang unggul, cerdas dan berakhlakul karimah. Maka, pesan Amril, seluruh umat Islam di Rupat Utara, memiliki tanggungjawab sama dalam mewujudkannya.

“Meskipun nanti hari berganti minggu, bulan berganti tahun, azam bersama itu tak boleh lapuk oleh hujan, tak boleh lekang oleh panas. Harus menjadi lampu penerang yang tak pernah berhenti bersinar dan menyinari setiap upaya menjadikan generasi muda Islam di Rupat Utara ini generasi qur’ani yang unggul, cerdas dan berakhlakul karimah,” pesan Amril, puitis.

Selain Ketua Tim Penggerak PKK Kasmarni serta sejumlah kepala dinas dan badan, hadir dalam pembukaan yang berlangsung meriah dan disaksikan ribuan pasang mata itu, diantaranya Ketua Harian LPTQ Kabupaten Bengkalis H Arianto.**(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here