Festival Wisata Nasional Ritual Bakar Tongkang Akan Dihadiri Menteri Pariwisata RI

0
133

ROHIL, kompasriau.com -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) gelar rapat koordinasi pembentukan panitia acara Festival Wisata Nasional. Yaitu acara Ritual Bakar Tongkang (RBT) yang akan diselenggarakan pada tangga 20 sampai 21 Juni 2016 mendatang.

Rapat koordinasi di pimpin oleh Asisten III Bidang Kesra Pemkab Rohil, H Ali Asfar M.Si didampingi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Rohil, Zulkarnaen serta seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Rohil, Selasa (31/05/16) di Lantai IV Kantor Bupati Jalan Merdeka, Kota Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau.

Selain pejabat forkopimda, dalam agenda rapat tersebut turut dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat Tionghoa dan para pedagang.

Agenda rapat tersebut guna melakukan pembahasan segala persiapan jelang pelaksanaan acara Ritual Bakar Tongkang (RBT) di Bagansiapiapi yang direncanakan akan dihadiri oleh tiga menteri republik Indonesia dan jajaran pemerintah provinsi Riau.

Adapun tiga menteri yang akan menghadiri acara RBT tersebut yakni menteri pariwisata,  Arif Yahya, menteri pemuda dan olahraga RI Imam Nahrawi, serta menteri koordinator pembangunan manusia republik Indonesia, Puan Maharani.

“Rencananya Iven Nasional Acara Ritual Bakar Tongkang yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 sampai dengan 21 Juni 2016 ini akan dihadiri oleh tiga kementerian RI, seperti menteri pariwisata, menpora dan menteri koordinator bidang pembangunan manusia RI, Puan Maharani,” ujarnya usai memimpin rapat koordinasi bersama seluruh jajaran forkopimda rohil.

Pelaksanaan acara Festival Ritual Bakar Tongkang (RBT) akan dilaksanakan bertepatan dengan bulan suci ramadhan, untuk itu dirinya juga berharap kepada panitia acara agar pelaksanaan acara hiburan¬† ritual bakar tongkang dilaksanakan usai solat tarawih agar tidak mengganggu umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa dan solat tarawih,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Zulkarnain meminta kepada pemilik rumah makan pada bulan puasa dan acara RBT tetap membuka rumah makan sperti hari-hari biasa agar para pengunjung tidak kewalahan dalam mencari makanan.

“Saya menyarankan kepada pemilik rumah makan agar tetap membuka usaha rumah makannya pada acara RBT nanti agar warga masyarakat yang non muslim tetap dapat makan seperti biasa,” ujar Kadispora.**(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here