Kadis Perhubungan Kota Dumai Masih Bungkam Terkait Lampu Penerangan Landasan Pacu Bandar Udara Kota Dumai

0
13

Dumai,kompasriau-Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai, Bambang Sumantri masih memilih bungkam, terkait dugaan rambu dan lampu-lampu penerangan landasan pacu di Bandar Udara Pinang Kampai, Kota Dumai, diduga telah lama tidak berfungsi.

Karena ketika wartawan kompasriau upayakan konfirmasi via pesan singkat (SMS) kepada Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai, Bambang Sumantri, Rabu (10/8/2016), namun hingga berita ini dimuat, konfirmasi yang diajukan  kompasriau.com belum juga dijawab oleh Kadis Perhungungan Kota Dumai.

Seperti dikabarkan mediai ini sebelumnya, bahwa Rambu penerangan landasan pacu, terdiri dari lampu-lampu yang dipasang pada jarak tertentu di tepi kiri dan kanan landasan pacu di Bandar Pinang Kampai, Kota Dumai, diduga tidak berfungsi untuk membantu atau melayani pesawat terbang selama tinggal landas.

Hal tersebut diungkapkan salah seorang praktisi hukum yang berdomisili di Kota Dumai berinisial I.W,SH kepada wartawan media ini,Selasa (9/8/2016).

Menurutnya, lampu-lampu, dan rambu-rambu penerangan landasan pacu itu diduga kuat dicuri oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, karena kuat dugaan kurangnya pengawasan dari pihak instansi yang berwenang di Kota Dumai, sejak bandar udara Pinang Kampai itu dikelola Pemerintah Kota Dumai.

 “Lalu sejauhmana tanggungjawab Pemerintah Kota Dumai terhadap dugaan hilangnya asset-asset BUMN tersebut. Coba anda konfirmasi kepada pihak Dinas Perhubungan Kota Dumai, karena saat ini, bandar udara Pinang Kampai itu dikelola Dinas Perhunbungan Kota Dumai ”ungkap praktisi hukum kepada wartawan media ini diruang tunggu Pengadilan Negeri Dumai.

Dijelaskannya, rambu dan lampu penerangan landasan pacu adalah alat bantu pendaratan visual itu berfungsi untuk membantu dan melayani pesawat terbang selama landas dan mendapat dan melakukan taxi agar dapat bergerak secara efesien dan aman.

“Runway End Light, yaitu rambu penerangan sebagai alat bantu untuk menunjukan batas akhir/ujung landasan. Dipasang pada batas ambang landasan pacu dengan memancar cahaya merah apabila dilihat oleh penerbang yang akan tinggal landas,”terangnya.

Rambu penerangan yang terdiri dari lampu-lampu memancarkan cahaya biru yang dipasang pada tepi kiri dan kanan taxiway pada jarak-jarak tertentu, dan berfungsi memandu penerbang untuk mengemudikan pesawat terbangnya dari landasan pacu ke dan atau dari tempat parkir pesawat.

“Rambu dan lampu penerangan itu berfungsi untuk menerangi tempat parkir pesawat terbang diwaktu siang hari pada cuaca buruk, dan atau malam hari pada saat ada pesawat terbang yang menginap atau parkir,”terang Praktisi hukum itu kepada kompasriau.com mengahiri ucapannya.

Salah seorang petugas securiti di Bandar Pinang Kampai,Kota Dumai, saat dikonfirmasi kompasriau.com, Selasa (9/8/2016), membenarkan rambu dan lampu-lampu landasan pacu Bandar udara Pinang Kampai sudah banyak yang tidak berfungsi.

“Sebelum saya kerja di tempat ini, kabarnya pernah hilang lampu dan rambu-rambu landasan pacu Pidang Kampai ini. Tapi lebih jelasnya, coba bapak konfirmasi kepada kepala Bandar udara Pinang Kampai ini,”saran salah seorang petugas yang tidak mau sebut namanya,Selasa (9/8/2016)..***(Red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here