Puluhan Ribu Masyarakat Sumut Sambut Presiden RI Di Karnaval Pesona Danau Toba

0
209
Presiden Menaman Pohon
Presiden RI menanam pohon di kawasan Pulau Samosir

Sumatera Utara,kompasriau.com-Minggu (21/8/2016), Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo disambut puluhan ribu masyarakat Sumatera Utara di Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba yang baru pertama kali digelar di Toba Samosir, Sumatera Utara.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi hadir dalam karnaval dengan menaiki truk besar yang disulap menjadi mobil hias berornamen adat batak di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Jokowi tampil melebur sebagai warga Batak dengan mengenakan ulos Ragidup Sirara dan sortali, sementara Iriana Jokowi mengenakan ulos tumtuman. Begitu juga menteri yang hadir mengenakan ulos.
Kabar soal akan hadirnya Jokowi di karnaval sejak jauh hari, membuat puluhan ribu orang tumpah ruah menyemut di kiri dan kanan jalan sepanjang 3,6 Km dari Soposurung sampai Simpang Sibulele, Tobasa.

Masyarakat yang hadir mulai anak-anak, pria dan wanita dewasa suka cita dengan kehadiran Jokowi dalam karnaval. Mereka kompak mengenakan ulos atau sortali karena sudah diumumkan sebelumnya lewat spanduk-spanduk di sekitar Tobasa.

“Saya senang sekali sore ini semua masyarakat memakai ulos, sortali, tum-tuman. Kalau ini terus kita pelihara akan terus kelihatan identitas, karakter bangsa, identitas suku, jati diri setiap daerah yang ada dan itu yang akan mempersatukan bangsa kita,” kata Jokowi dalam sambutannya.
Saat mobil hias Jokowi melaju, teriakan dan sahutan memanggil nama ‘Jokowi’ membuat suasana Tobasa menjadi panggung rakyat. Di salah satu panggung, gabungan anggota TNI dan Polri juga unjuk kebolehan bermain musik.

Rupa-rupa cara warga agar bisa melihat Presiden Jokowi. Tak hanya berdiri di pingir jalan, ada yang berdiri di atas kap mobil, berdiri di lantai dua bangunan, atap rumah, berdiri di kanopi gereja hinga gedung kejaksaaan, termasuk memanjat dinding dan pohon.

“Pak Jokowi…!!!!”teriak warga.
Sambil melaju di antara kerumunan warga, Jokowi membagikan kaus dan souvenir. Warga spontan berebutan saat ada kaus dilempar Jokowi dari atas truk, namun tetap kondusif karena pengamanan aparat.

Puluhan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dibantu aparat gabungan TNI Polri, sangat waspada menjaga Jokowi di antara kerumunan warga itu. Berulang kali mereka mengingatkan warga jangan terlau mendekat, tapi masih ada yang mendekat ke truk Jokowi.

Potret saat puluhan ribu orang berbaur di jalan itu disebut Jokowi mempersatukan warga dari berbagai suku dan etnik, pemandangan itu juga menjadi potret kedekatan Jokowi dengan warga di Sumatera Utara.

Acara yang dimulai sejak pukul 15.00 WIB. “Karnaval pesona danau Toba ini harus dilanjutkan setiap tahunnya,” ucap Presiden Jokowi saat membuka karnaval di Soposurung, Balige, Tobasa, Minggu (21/8/2016).

Jokowi mengatakan melalui karnaval ini sangat terlihat keragamaan budaya di Sumatera Utara. Ada Batak Mandailing, Batak Karo, Simalungun, Pakpak dan lainnya. Tapi perdebaan itu yang mempersatukan masyarakat.

“Saya senang sekali sore ini semua masyarakat memakai ulos, sortali, tum-tuman. Kalau ini terus kita pelihara akan terus kelihatan identitas, karakter bangsa, identitas suku, jati diri setiap daerah yang ada dan itu yang akan mempersatukan bangsa kita,” ucap Jokowi.

Setelah memukul gondang, Jokowi selanjutnya mengikuti karnaval dengan menaiki mobil hias yang diberi ornamen toba. Jokowi tampak mengenakan ulos Ragidup Sirara dan sortali, sementara Iriana Jokowi mengenakan ulos tum-tuman. Menteri yang hadir juga mengenakan ulos.

Karnaval ini diikuti ribuan peserta dari berbagai suku di Sumatera Utara dan daerah lain yang menampilkan tarian, musik dan budaya masing-masing.

Puluhan ribu orang tumpah ruah menyambut kehadiran Jokowi yang ikut karnaval di sepanjang 3,6 Km dari Soposurung sampai Simpang Sibulele. Acara berakhir sekitar pukul 17.30 WIB.***(Borsak/JP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here