Sidang Lanjutan Perkara Jumingan Lawan R.A. Murniati

0
124

Dumai,kompasriau.com-Sidang lanjutan sengketa tanah seluas 8 (delapan) hektar Kelurahan Mundam, perdata nomor:11/Pdt.G/2016/PN.Dum, dengan penggugat Jumingan lawan R.A Murniati dan kawan-kawannya, kembali di gelar di Pengadilan Negeri (PN) Dumai, Selasa (11/10/2016), dengan agenda mendengar keterangan saksi-saksi dari tergugat.

Sidang dipimpin hakim ketua, Aziz Muslim,SH dibantu hakim anggota, RM.Hasoloan Lumban Tobing, SH dan Alfonsus Nahak,SH dan dihadiri kuasa hukum tergugat, Raja Junaidi SH dan kuasa penggugat, Dwi Miswanti,SH.

Dalam keterangan saksi Jumari mengatakan pada tahun 1984, saksi pernah disuruh pak Anwar mengantar bibit mangga ke lahan bersengketa yang terletak di kawasan Kelurahan Mundam. “Saya disuruh pak Anwar dan saya mendapat upah dari Pak Anwar,”terang saksi Jumari.

Ketika majelis bertanya, apakah saksi mengetahui batas-batas dan luas tanah tersebut.? Dijawab Saksi,”Saya tidak tahu batas-batas tanah itu,karena saya hanya mengantar bibit itu disuruh pak Anwar,”jawab Jumari.

Selain itu, saksi Sulaiman dalam keterangan di muka persidangan mengatakan pernah mengukur tanah tersebut dengan luas sebelah Timur 45 meter, Sebelah selatan 115 meter dan sebelah Utara 100 meter. Kemudian saksi mengaku pernah membeli tanah dari Ilul dengan harga Rp 35 juta rupiah dan menanam tanaman kelapa sawit. “Tanaman kelapa sawit itu sampai saat ini masih ada,”ujar Sulaiman.

Ketika majelis hakim bertanya, apakah saksi pernah melihat surat tanah tersebut? Dijawab Saksi,”Saya pernah melihat surat tanah itu,”jawab Sulaiman. Kemudian majelis hakim menunjukan surat tanah kepada saksi, dan bertanya apakah surat tanah ini yang saksi lihat.? Dijawab saksi,”Saya lupa, apakah ini surat tanah itu, karena sudah lama saya lihat,”jawab Sulaiman.

Usai sidang, kuasa hukum tergugat,Raja Junaidi,SH, saat dikonfirmasi mengatakan penggugat, Jumingan tidak memiliki tanah disekitar tanah tergugat I Murniati, tetapi penggugat Jumingan hanya menumpang berkebun dan rumah di tanah yang ditempati milik tergugat saat ini.

“Tergugat menolak seluruh dalil-dalil penggugat, karena tergugat I memiliki bukti akurat yaitu surat akta jual beli pada tahun 1977,”terang Raja Junaidi SH kepada media ini,Senin (11/10/2016).***(Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here