Walikota Dumai Menyambut Baik Kegiatan Evaluasi Perkembangan Kelurahan Tingkat Kota Dumai

0
65

INFOTORIAL

Dumai,kompasriau-Acara penilaian Kelurahan terbaik sepanjang Kota Dumai dilaksanakan di Kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan, Senin (03/04/2017).

WAKO 1Hadir dalam acara tersebut, pimpinan DPRD Dumai, Forkominda, Asisten I Setdako Dumai, LPMK , Camat Dumai Selatan, Lurah, ketua RT, tokoh masyarakat dan undangan yang hadir.

Walikota Dumai, Drs H.Zulkifli As dalam sambutannya  mengatakan bahwa Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan dijelaskan bahwa untuk mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan Kelurahan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat serta daya saing Kelurahan WAKO 3melalui pembangunan Indonesia dengan memperkuat daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka diperlukan evaluasi perkembangan Kelurahan. Kegiatan Lomba Kelurahan merupakan suatu kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun, dengan melibatkan seluruh elemen dan lembaga masyarakat serta satuan kerja terkait.

Dijelaskan Zulkifli As, banyak sekali point evaluasi yang dapat digunakan dalam menentukan efektifitas kelurahan, salah satunya adalah melalui profil kelurahan. Bahwa dalam rangka mengetahui gambaran potensi dan tingkat perkembangan kelurahan yang akurat, komprehensif dan integral sangat diperlukan data terutama untuk melaksanakan perencanaan baik di tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten dan Provinsi, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Kelurahan secara nasional.

Data tersebut dapat digunakan oleh pihak Dinas/Instansi dan lain-lain yang memerlukan data dimaksud. Hal ini disebabkan karena data adalah sekumpulan keterangan kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh secara lengkap dilapangan dan memberikan gambaran yang tepat dan akurat baik itu pendataan SDM dan SDA serta pendataan masyarakat miskin dan lain-lain sebagainya dan apabila data sudah terhimpun di Kelurahan secara akurat di dalam merencanakan pembangunan saya yakin akan tepat sasaran.

“Kita semua berkeyakinan bahwa Kelurahan merupakan ujung tombak pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga harus senantiasa meningkatkan kinerjanya. Apabila kinerja dan Sumber Daya Manusia di setiap kelurahan terus ditingkatkan, tentunya kelurahan sebagai pelayanan terdepan dalam melayani masyarakat akan menjadi dampak yang positif untuk perkembangan pembangunan kedepan. Karena kelurahan merupakan cermin keberhasilan dari kinerja pemerintah Kota Dumai dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya,”harap Zulkifli.

Oleh karenanya, Walikota Dumai sangat menyambut baik kegiatan evaluasi Perkembangan Kelurahan ini, karena dengan adanya kegiatan ini dapat dilihat sejauh mana tingkat perkembanagan dan pencapaian pembangunWAKO 5an yang mencerminkan tingkat kemajuan serta keberhasilan masyarakat di wilayah Kelurahan tersebut untuk mencapai kesejahteraan warganya, dengan membandingkan data tingkat kelurahan dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, berdasarkan profil kelurahan sesuai dengan indikator penilaian,”ujarnya

“Saya berharap melalui evaluasi perkembangan Kelurahan Tingkat Kota Dumai Tahun 2017 ini dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas pembangunan serta pemberdayaan masyarakat Kelurahan, dimana seluruh kegiatan pembangunan yang berlangsung di Kelurahan dilaksanakan secara terpadu dengan mengembangkan partisipasi masyarakat,”harap Walikota Dumai.*** (INFOTORIAL/HUMAS PEMKO DUMAI)

Liputan: T.Sitompul

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here