Kenaikan Tarif Pas Penumpang Dibahas Kontribusi Untuk PAD Kota Dumai

0
782

Dumai,kompasriauPelindo I Cabang Dumai berbenah dengan melakukan renovasi berat, boleh dibilang seluruh ruangan Terminal Penumpang diperbaiki, hingga menjadi Terminal yang dapat dibanggakan. Untuk merenovasi ruangan terminal yang lama menjadi terminal yang bisa dibanggakan, biaya yang digelontorkan Pelindo juga tak tanggung-tanggung mencapai miliaran rupiah.

Pantauan awak media ini, Kamis (05/04/2017) di Terminal Penumpang Pelabuhan, tampak ruang tunggu dan  didukung dengan fasilitas turun naik penumpang dari manca negara di tata dengan baik, dengan system elektronik, sehingga para penumpang merasa nyaman, tak perlu berdesak-desakan. Namun, masih ada kekurangan terkait pelayanan terhadap  penyandang cacat, dan penumpang yang akan berobat ke negara jiran Malaysia “alat angkut” bagi penyandang cacat dan orang sakit tidak kelihatan dalam ruangan tunggu terminal tersebut.

Seiring dengan renovasi Terminal Penumpang Pelabuhan Dumai rampung dikerjakan pada bulan Februari 2017, Pelindo I Cabang Dumai melakukan kerjasama dengan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) Kota Dumai terkait pengelolaan pas Penumpang. Kerjasama tersebut patut diapresiasi, namun beberapa kalangan menilai BUMD ibarat mendapat “durian runtuh”.

Dalam kesepakatan tersebut BUMD dan Pelindo sepakat menaikkan tarif pas penumpang dari harga lama, untuk pas penumpang domestik dari Rp.3.500 yang baru menjadi Rp.10.000,-. Sedangkan pas penumpang manca negara dari harga lama Rp.10.000,- naik menjadi Rp.50.000,- Kenaikan pas tersebut atas dasar kesepakatan antara BUMD Kota Dumai dengan Pelindo I Cabang Dumai dengan disaksikan Walikota Dumai, Drs H Zulkifli AS dan DPRD Kota Dumai.

Manager Umum Pelindo I Cabang Dumai, Aguslianto, ketika dikonfirmasi awak media ini, terkait kenaikan tarif pas penumpang pelabuhan tersebut, Rabu (05/4/2017) membenarkan kenaikan tarif pas pelabuhan tersebut berdasarkan kesepakatan antara BUMD Kota Dumai dengan Pelindo I Cabang Dumai.

“Sebelum kenaikan tarif pas pelabuhan, pelindo I Dumai dengan BUMD melakukan pembahasan tentang rencana kenaikan tersebut dalam rapat yang dihadiri oleh Walikota Dumai dan unsur pimpinan DPRD Kota Dumai. Kemudian hasil rapat pada prinsipnya setuju kenaikan tarif pas penumpang domestik dan manca negara, berlaku terhitung per 1 April 2017,” terang Aguslianto

Menurut Aguslianto, dalam kesepakatan pengelolaan pas penumpang terminal Pelabuhan tersebut juga dibahas kontribusi untuk pemasukan PAD Kota Dumai dan dituangkan dalam kesepakatan itu. Kemudian ditanda tangani oleh kedua belah pihak antara menejemen PT. Pelindo I Cabang Dumai dengan Direktur BUMD yang disaksikan oleh Walikota Dumai. Kenaikan tarif pas penumpang didukung dengan fasilitas terminal,”ujar Aguslianto.*** (PUR)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here