Walikota Dumai, Kadis Pertanian Dan Plt Kabag Humas Hadiri Acara Tanam Perdana Pagi Dan Jagung

0
125

PANGLIMA TNIKabupaten Siak,Kompasriau-Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli As, M.Si, didampingi Kadis Ketahanan Pangan Dan Pertanian, Ir.Dwi Orisyawan dan Plt Kabag Humas Pemko Dumai, Riski Kurniawan Tri Sah Putra,ST, menyambangi kota siak untuk menghadiri acara tanam perdana padi dan jagung seluas 5000 hektar di Kabupaten Siak, Rabu (05/04/2017). Walikota Dumai tiba di lokasi bungaraya Siak sekira pukul 7.00.Wib.

PANGLIMA TNI 4Acara tersebut dihadiri Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Dirjen Holtikultural Kementrian Pertanian RI, Spudnik Sujono, dan Kasad TNI Jenderal Mulyono. Selanjutnya Panglima TNI bersama Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, Ketua DPRD Riau Hj Septina Primawati, Bupati Siak, H Syamsuar serta sejumlah pejabat lainnya melakukan penanaman jagung perdana.

Kedatangan Panglima beserta rombongan disambut antusias masyarakat Bungaraya di iringi dengan tabuhan kompang khas melayu. Ada beberapa rangkayan kegiatan dintaranya penyerah bantuan kepada masyarakan dan pelajar, penanaman benih jagung dan terakhir penanaman padi dengan menggunakan mesin bantuan dari kementrian pertanian.

PANGLIMA TIN 3Dirjen Holtikultural Kementrian Pertanian RI, Spudnik Sujono dalam sambutanya mengatakan,Pemerintah pusat ingin menumbuh kembangkan sektor pertanian, maka bapak presiden sangat mendukung hal itu dengan memberi program-program bantuan seperti mesin dan bibit untuk para petani di daerah.

“Bapak presiden ingin menjadikan Indonesia negara swasembada pangan. Semuanya tidak lain hanya untuk mensejahterakan petani dan meningkatkan produksi dengan visi besar kedaulatan dan kemandirian pangan. Terlihat hasilnya di tahun 2016, produksi beras kita secara nasional sekitar 79,1 juta ton, dimana naik dari angka tahun sebelumnya yang hanya 75 juta ton. Indeks Pertanaman kita juga sudah berada di angka rata-rata nasional 1,79 atau hampir dua kali tanam dalam setahun. Untuk komoditas jagung sendiri sekarang pola tanam tidak hanya monokultur. Telah dibuat program integrasi dengan tanaman perkebunan seperti sawit dan karet,”terangnya.

Sementara itu, Kepala Staf TNI AD Mulyono dalam sambutanya mengajak untuk secara bersama-sama perangi import dan tengkulak-tengkulak, supaya Indonesia bisa mandiri dan nihil impor beras. Indonesia memiliki lahan yang sangat bagus dan luas untuk diberdayakan dan dijadikan sebagai lahan pertanian.

“Namun berkat kerja sama dan kerja keras petani, tahun ini Indonesia tidak lagi mengimpor beras. Jika pahlawan Indonesia sekarang ini adalah petani maka di TNI pahlawan-pahlawan adalah babinsa-babinsa yang kuat dalam membantu petani,”harap Mulyono.

Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli As setelah acara memberikan statement kepada awak media, “Pemerintah kota Dumai mendukung program pemerintah pusat dalam bidang pertanian. Melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kita akan terus membina kelompok tani yang ada, kita akan mendukung Program Bapak Presiden yaitu mewujudkan Indonesia Swasembada Pangan,”tandas Walikota Dumai. ***(Humas/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here