Kedua Kalinya Hakim Tolak Tengku Rubiah Untuk Saksi Tergugat Pertamina

0
84

Dumai, kompasriau-Hakim Pengadilan Negeri (PN) klas IB Dumai, kembali menolak Tengku Rubiah sebagai saksi tambahan untuk Petamina. Penolakan Tengku Rubiah sebagai saksi berlangsung saat digelarnya sidang lanjutan, Rabu (19/4/2017).

Tengku Rubiah saat itu direncanakan sebagai saksi untuk tergugat Pertamina adalah dalam perkara perdata sengketa lahan antara Ahwaluddin alias Ahwa selaku penggugat dengan Pertamina sebagai tergugat.

Sebelumnya, dalam sidang terpisah perkara Djohan menggugat  Pertamina, Tengku Rubiah juga sudah ditolak hakim majelis sebagai saksi untuk Pertamina, setelah kuasa hukum Djohan, Cassarolly Sinaga SH keberatan.

Penolakan dirinya sebagai saksi tambahan untuk Pertamina, tampak membuat Tengku Rubiah marah dengan mengucapkan kalau dia (Tengku Rubiah-red) adalah warga Negara Indonesia berhak sebagai saksi.

“Saya adalah warga Negara Indonesia, saya berhak sebagai saksi tidak ada yang bisa menolak”, ujar Tengku Rubiah dengan sedikit mengeluarkan suara keras kepada hakim majelis seakan ngotot.

Tengku Rubiah yang tampak seakan ngotot akan menjadi saksi untuk Pertamina, kepada hakim majelis menjelaskan perlunya dia sebagai saksi untuk Pertamina, maksud Tengku Rubiah agar dia menerangkan segalanya seputar perkara sehingga hakim majelis mengetahui, kata Tengku.

Namun apapun yang disampaikan tim kuasa hukum Pertamina diantaranya Jonitrianto Andra SH MH kuasa Subtitusi dari kejari Dumai maupun yang dijelaskan Tengku Rubiah membela dirinya untuk bertahan sebagai saksi, akan tetapi hakim majelis tetap menolak Tengku Rubiah sebagai saksi untuk Pertamina.

Penolakan Tengku Rubiah sebagai saksi tambahan untuk Pertamina, adalah berawal dari permintaan Edi Azmi Rozali SH, selaku kuasa hukum Ahwa kepada hakim majelis, lalu hakim majelis pun menerima permintaan Edi Azmi.

Atas penolakan tersebut, hakim majelis memaparkan kepada tim kuasa Pertamina maupun kepada Tengku Rubiah yang sudah hadir dan duduk di kursi sidang perihal diterima hakim  permohonan Edi Azmi.

Sebagaimana tampak musyawarah hakim majelis, Sarah Louis Simanjuntak SH MHum selaku pimpinan sidang, menjelaskan bahwa Tengku Rubiah selama ini sudah bagian dari tergugat Pertamina.

Tengku Rubiah katanya juga salah satu penerima kuasa Pertamina dan aktif mengikuti jalannya sidang sehingga penjelasan Tengku Rubiah sebagai saksi menurut pendapat hakim majelis tidak dapat didengarkan.***(Tambunan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here