Director Kompleks PT SDS Bungkam Soal Pemecatan Supervisor Tanpa Prosedur

0
242

Dumai,kompasriau-Seperti dikabarkan media ini sebelumnya, bahwa seorang supervisor senior PT Sari Dumai Sejati (SDS) bernama Elman Parulian Doloksaribu dipecat petinggi PT SDS tanpa prosedur atau tanpa melalui rangkaian surat peringatan pertama, kedua dan surat peringatan ketiga.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa pihak eksekutif, legislatif termasuk pihak perusahaan-perusahaan terbatas, tentu harus memberi ruang serta akses lebih terbuka kepada wartawan untuk mengakses informasi bagi kebutuhan publik, dan atau untuk menyampaikan aspirasi masyarakat sebagaimana amanat Undang-Undang nomor: 40 tahun 1999.

Namun, ketika hal itu dikonfirmasi awak media ini kepada Director kompleks PT SDS, Liem Kian Guan dan manager Personalia PT SDS, Kamin Fandi melalui pesan singkat (SMS) ke nomor 081169501…dan nomor 0821722706…, namun hingga berita ini dimuat, petinggi PT SDS itu masih memilih bungkam. Begitu juga GM Suppott, Albert, dan Humas PT SDS, Kamero Bangun, ketika dikonfirmasi awak media ini melalui pesan singkat, namun hingga saat ini masih juga memilih bungkam.

Menurut Coboy Doloksaribu, Selasa (11/4/2017), manager personalia PT SDS, Kamin Fandi mengaku dihadapan Kabid Hubungan Industrial Dan Persyaratan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai, bahwa Kamin Fandi sebagai manager personalia PT SDS melakukan tindakan pemecatan tanpa prosedur atau tanpa tindakan operasi yang harus dijalankan sesuai aturan hukum.

Selain itu, kabarnya Manager personalia PT SDS yang beroperasi di kawasan Lubuk Gaung Kota Dumai, Kamin Fandi mengucapkan,“Siapapun kau bawa, militer, pengacara dan disnaker, saya tidak takut. Saya sudah 20 tahun dibagian pemecatan di perusahaan”.

Padahal, tugas dan tanggung jawab manager personalia di perusahaan adalah untuk menerapkan dan menetapkan kebijakan-kebijakan yang digunakan dalam bagian personalia perusahaan sesuai aturan hukum yang berlaku.

 “Tetapi manager personalia itu, Kamin Fandi mengaku melakukan  tindakan pemecatan terhadap saudara Elman Parulian Doloksaribu tanpa prosedur,”ungkap Coboy Doloksaribu kepada awak media ini.

Begitu juga Supervisor senior Elman Parulian Doloksaribu, saat diwawancara awak media ini di kantin kantor Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kota Dumai, membenarkan manager personalia PT SDS mengucapkan, “Siapapun kau bawa, militer, pengacara dan disnaker, saya tidak takut. Saya sudah 20 tahun di bagian pemecatan”.

“Pada tanggal 1 April 2017, saya dipecat tanpa prosedur dan tidak ada surat peringatan pertama, kedua dan ketiga yang diberikan kepada saya. Surat pemecatan saya diantar oleh manager personalia itu ke rumah bersama isterinya. Kemudian beliau mengucapkan kata-kata dihadapan isteri saya, ”Siapapun kau bawa, militer, pengacara dan disnaker, saya tidak takut. Itulah kalimat yang diucapkan manager personalia itu kepada kami di rumah,”ungkap Elman Parulian Doloksaribu kepada awak media ini  sembari menirukan ucapan Kamin Fandi.

Menurut Elman, sejak dirinya diangkat sebagai supervisor senior di perusahaan tersebut selalu bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diperintahkan pimpinannya. ”Tetapi manager personalia PT SDS melakukan pemecatan terhadap saya, yang pertama secara lisan, dan yang kedua melalui pesan singkat, kemudian sekitar pukul 18.00 wib, manager personalia PT SDS itu datang ke rumah bersama isterinya untuk mengatar surat pemecatan tanpa surat peringatan,”terang Elman.***(Red).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here