Walikota Dumai Bersama GM Pertamina Resmikan Masjid

0
124

Dumai,kompasriau-Walikota Dumai, Drs H.Zulkifli,  As bersama GM Pertamina RU II Dumai, resmikan Masjid Durunnafis RT 016 di Jalan Kusuma Permai II, Kelurahan Jaya Mukti,Kecamatan Dumai Timur,Jum’at (28/04/2017).

Hadir dalam peresmian tersebut, Kadis Perindustrian dan Koperasi Kota Dumai, Hamdan Kamal, Kabag Kesra, H. Asnam, Plt. Kabag Humas, Riski Kurniawan Syahputra, ST, Camat Dumai Timur, Muhammad Ariffin, S.Sos, Lurah Jaya Mukti, Andry Martin, Lurah Tanjung Palas, Kanit Satbara Polres Dumai serta Tokoh Agama dan tokoh masyarakat Kelurahan Jaya Mukti.

Ketua Masjid Durunnafis, Indra Gunawan, S.Sos, MIp mengucapkan terima kasih atas terealisasinya pembangunan masjid Durunnafis  hingga 70 % yang pembangunannya bersumber dari dana sumbangan pihak-pihak swasta serta sumbangan infak masyarakat, walaupun kondisinya 70 %, tetapi Masjid Durunnafis ini sudah bisa dimanfaatkan.

Sementara itu, GM Pertamina RU II Dumai, yang diwakili oleh Senior Manager, Nur Kodim juga mengatakan bahwa partisipasi pembangunan masjid tersebut  atas keikhlasan kerjasama antar PT. Pertamina RU II Dumai, Pemerintah Kota Dumai dan lapisan masyarakat, walupun kondisi masjid Durunnafis itu baru terealisasi 70 persen, namun, pihak Pertamina RU II Dumai merasa puas atas kerjasama yang terbina selama ini sehingga masjid Durunnafis sudah bisa digunakan/ “Mudah-mudahan kedepan secepatnya rampung hingga 100 persen  agar masyarakat nyaman melaksanakan ibadahnya di masjid ini,”ujar Nur Kodim.

Walikota Dumai, Drs  H. Zulkifli As dalam sambutannya mengatakan Masjid adalah tempat ibadah kaum muslimin yang memiliki peran strategis dalam pertumbuhan peradaban umat Islam. Masjid bukan hanya sebagai tempat menunaikan ibadah sholat, tetapi juga berperan sebagai pusat pendidikan dan penyebaran syiar Islam. Bahkan Masjid pada masa Rasulullah, disamping digunakan sebagai tempat menyelesaikan berbagai persoalan umat, juga menjadi pusat pemberdayaan masyarakat.

Seiring dengan pertumbuhan Masjid dan tantangan perubahan jaman yang semakin cepat, pengelolaan Masjid menuntut manajemen yang baik. Manajemen atau pengelolaan yang baik itu, diperlukan untuk mewujudkan kemakmuran Masjid. Kemakmuran sebuah Masjid, tergantung pada bagaimana mengelola dan mendayagunakan masjid dengan sebaik-baiknya. “Kepengurusan masjid harus ada keterbukaan dalam arti, sekata, sependapat, satu pemikiran jangan ada kecurigaan antar jamaah dan pengurus sehingga tetap terjaga kelanggengan antar jamaah,”pesan Walikota Dumai.

Wako juga mengatakan fungsi utama Masjid sebagai tempat ibadah, tentu saja harus diisi dengan berbagai kegiatan yang bernuansa keagamaan. Sholat, dzikir, dan kegiatan membaca Al-Qur’an, adalah bagian dari upaya memakmurkan Masjid sebagai tempat ibadah kepada Allah SWT. Namun demikian, Masjid sebagai pusat peradaban umat harus lebih diberdayakan melalui berbagai kegiatan keumatan yang dapat menciptakan dan membawa kemaslahatan umat serta memancarkan Islam sebagai rahmat bagi semesta alam. Itulah perlunya memberikan kesempatan kepada semua lapisan masyarakat, untuk menggunakan Masjid bagi seluruh aktifitas keagamaan dan keumatan. Antara lain, Masjid dapat juga berfungsi sosial dan dapat didayagunakan untuk memberantas kemiskinan, kebodohan, dan kedangkalan iman.

Peresmian Masjid Durunnafis ditandai dengan penanda tanganan prasasti dan sekaligus sholat jum’at perdana dan selanjutnya syukuran dengan mengadakan makan bersama jamaah Masjid dan masyarakat sekitar.***(Hms/Red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here