Lapas Bengkalis Tetap Melakukan Aktivitas Pada Saat Bulan Ramadhan

0
105

Bengkalis,kompasriau-Lembaga pemasyarakatan kelas II A Kabupaten Bengkalis tetap melakukan aktivitas pada saat bulan Ramadhan nanti. “Sebagaimana kegiatan di luar dalam bulan Ramadhan nantinya kita juga akan lakukan hal itu di lapas ini,karena itu juga merupakan salah satu upaya pembinaan yang kita lakukan terhadap binaan kita. Saat ramadan sholat tarawih dan tadarrus bahkan ceramah akan terus dilakukan selama ramadhan ini, dan kita juga sudah berkordinasi dengan pihak depag untuk mengisi acara tersebut,”ujar Kalapas melalui kasi Pembianan, Ismail Spd kepada awak media ini.

“Kemudian bagi saudara saudara kita non muslim juga tetap dilakukan kegiatan kerohanian pada hari setiap hari senin dan kamis, cuma saja mengenai kegiatan olah raga mungkin akan berkurang, karna sebahagian Binaan kita tidak fit karna berpuasa,”ujar Ismail.

Lebih lanjut Ismail menjelaskan, menyangkut kesehatan para binaan, pihak Lembaga pemasyarakatan  juga melakukan perawatan rutin di lapas Bengkalis beserta sama pembantunnya,namun diberharapkan ada penambahan Dokter paling tidak 2 atau 4 orang,karena binaan yang ada di lapas Bengkalis tersebut sampai sekarang berjumlah 1.440 orang, dan bila  dibayangkan standar kamar yang ada di lapas Bengkalis itu hanya sekitar 340 orang dan kalau  bilang oper kapasitas tidak  mungkin, karena yang ada hanya itu.

“Mengenai menu setiap harinya juga kita jaga, dan kalau kurang garam saja itu tetap kita cek, maksudnya semua yang ada disini adalah perlu kebutuhan yang layak,sama seperti kita, bahkan makanan yang akan kita berikan kepada warga binaan pak kalapas juga terlebih dulu melihat dan merasanya baru kita antar ke masing masing binaan,”terang Ismail.

Menurut Ismail, pada bulan Ramadhan tahun lalu, masyarakat juga ada yang menghantar makanan untuk berbuka, dan uniknya mereka tidak memberi tahu dari siapa namanya.” Bahkan untuk berzakat juga ada yang langsung ke lapas ini, sistim amilnya juga langsung mereka warga binaan disini, dan semua itu kita tidak pernah tertutup selagi untuk kebaikan dan paling penting lagi kami sangat berterima kasih atas bantuan Pemda Bengkalis atas bantuan yang di berikan,”pintanya.***(Arianto).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here