Polres Taput Tangkap Pelaku Curanmor

Tapanuli Utara,kompasriau-Kepala Kepolisian Resor Tapanuli Utara, AKBP Dudus HD SIK dalam temu persnya, Kamis (18/5/2017), mengatakan para pelaku curanmor ditangkap, yakni Rahmat Pilliang alias Rahmat Purba (22) warga Kompleks Masjid Tarutung, yang merupakan spesialis pembuka kunci mobil dan pelaku yang membawa mobil menuju ke Padang Sidimpuan selanjutnya ke Rantauparapat lalu menuju Pematangsiantar.

Pelaku ini sudah pernah dipidana sebanyak 2 kali dan berhasil ditangkap di Pematangsiantar. Kemudian, Tommy Sianturi (26), warga Jalan Medan Simpang Kerang, Kecamatan Siantar Martoba, spesialis penjual mobil ke penadah berisinial SG, di Pematangsiantar, juga ditangkap di Siantar dan sudah pernah dipidana sebanyak 2 kali. Kemudian, Leo Siregar (51), juga sudah pernah dipidana sebanyak 2 kali.

Togar Simorangkir (17), warga Gang Melati Kelurahan XI Kecamatan Tarutung, berperan melihat situasi di sekitar TKP dan mendorong mobil keluar dari garasi. Dia ditangkap di Pematangsiantar. Lalu, Anton Kardo Panjaitan (30), warga Bah Tongguran Kiri, Kecamatan Siantar Utara, yang merupakan perantara menjual mobil Mitsubishi L-300 pick-up kepada penadah, SG, warga Pematangsiantar.

Menurut Kapolres, terbongkarnya kejahatan ini atas laporan pengaduan korban Risma Purba (50), warga Kompleks Pajak Baru Desa Simamora, Kecamatan Tarutung, Senin (15/5) sekira pukul 05.30 Wib.

Dalam laporannya, pelapor baru pulang melayat dari Desa Siualuompu dan sesampainya di rumah, mobil miliknya sudah tidak terparkir lagi di depan rumah. Atas kejadian tersebut, Risma melapor ke Polres Taput dan kemudian personel Sat Reskrim melakukan penyelidikan bekerjasama dengan Sat Reskrim Polres Simalungun dan melakukan penangkapan terhadap pelaku.

Pada Selasa (7/3) sekira pukul 02.30 Wib, korban Sampe Simangunsong, warga Ambar Salengkat Desa Sabungan Nihuta I, Kecamatan Sipahutar, kehilangan mobil L-300 pick-up, dan melapor ke Polsek Sipahutar.

Kerugian ditaksir Rp100 juta dan pelaku pencurian atas nama Leo Siregar ditangkap ditangkap di Kabupaten Simalungun.

Sementara pelapor lainnya, Paima Tua Aritonang (54), warga Jalan SM Raja, Kelurahan Pasar Merah Barat, Medan, pada Rabu (19/4) sekira pukul 10.00 WIB mendapatkan berita dari saksi Ramses Aritonang bahwa 1 unit mobil L-300 pick-up milik pelapor tidak ada lagi di mess karyawan PT Power Tehc di Desa Lumban Siagian Jae, Kecamatan Siatas Barita, Taput.

“Polres Taput dan Polres Simalungun kembali melakukan penangkapan terhadap tersangka Togar Simorangkir, Tomy Sianturi, Rahmat Piliang, Anton Kardo Panjaitan. Semuanya ditangkap di Pematangsiantar serta dilakukan penembakan karena melawan dan mau melarikan diri,”terang Kapolres.

SG salah seorang penadah, belum tertangkap. Kelima tersangka disangkakan Pasal 363 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun,”terangnya.***(MM).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *