Bea Cukai Batam Sosialisasi Kepabeanan PPFTZ 03 Dan Penyerahan Hibah Barang Milik Negara

Batam,kompasriau-KPU Bea Cukai Batam adakan sosialisasi Kepabeanan, Cukai dan Perpajakan serta Penyerahan Barang Milik Negara di kantornya, Rabu, (7/06/2017).

Acara yang dibuka oleh Kepala KPU BC Batam, Nugroho Wahyu Widodo ini menghadirkan jajaran departemen keuangan sebagai nara sumber.

Kepala kantor pajak (KPP) Madya Batam sebagai penyampaian paparan perlakuan perpajakan di kawasan FTZ Batam dan kepala kantor perbendaharaan kekayaan negara dan lelang (KPKNL) Batam, Syukri Asyadhi sebagai penyampaian prosedur penyerahan hibah Barang Milik Negara (BMD).

Nugroho Wahyu dalam sambutannya mengatakan, kegiatan sosialisai tersebut bertujuan agar masyarakat paham tentang kepabeanan, cukai dan pajak. Sedangkan terkait hibah, ia menyebutkan barang-barang yang dihibahkan adalah barang hasil tangkapan Bea Cukai berupa Sembako, sepeda dan elektronik (laptop), yang masih layak digunakan agar bisa membantu masyarakat yang membutuhkan.

Disebutkan juga oleh Nugroho bahwa dalam bulan Juni 2007 ini terdapat banyak barang hasil tangkapan Bea Cukai berupa sembako, sepeda dan barang elektronik.

Barang tangkapan itu akan dihibahkan karena masi layak dan bisa bermanfaat bagi masyarakat. Hibah akan diberikan kepada Yayasan Panti Asuhan yang membutuhkan.

Sosialisai materi peraturan kepabeanan tentang tata laksana pemasukan dan pengeluaran barang dari/ke kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas (FTZ) Batam disampaikan oleh Kabid Penerimaan dan Keberatan KPU BC Tipe B Batam Purnomo.

Dalam pemaparannya Purnomo menjelaskan mengenai Fasilitas PP FTZ 03, “KPU Bea Cukai Batam hanya memeriksa kelengkapan dokumen saja dan bila sudah lengkap, dalam waktu satu jam pelaku pabean sudah mendapatkan register untuk di Endors pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Batam.Barang dengan fasilitas PPFT 03 yang tidak dibebani PPN dan PPNBM segera diizinkan keluar dari pelabuhan,”jelasnya.

Acara ini ditutup dengan penyerahan hibah Barang Milik Negara berupa 56 unit Sepeda, 5 unit laptop dan 10 KG daging kepada 8 (delapan) Yayasan penerima hibah.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Kepala KPU BC Batam Nugroho Wahyu Widodo dan Kepala KPP Madya Batam Arman Imran.

Nama Yayasan penerima hibah adalah Yayasan ibnul hasani, Panti Asuhan Nur Risqi Hidayatullah, Panti Asuhan Muhammadiyah Al-Anshori, Pondo Pesantran Al-Pancori, Yayasan Ibnu Rasyid Centre, Pondok Pesantren Roudhlotut Tholibin, Yayasan Al-Khoirot dan Panti Asuhan Pendidikan Islam Al-Ukhuwah. *** (Roma).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *