PT Ivomas Tunggal Diminta Membayar Hak Karyawan

IMG-20170617-WA0009Siak,kompasriau– Ketua Dewan Pimpinan Pusat Serikat Pekerja Perjuangan Indonesia (DPP-SPPI), Indra Gunawan meminta kepada management PT Ivomas Tunggal untuk membayar bonus PKWT secara bersamaan  pada saat pembayaran bonus karyawan tetap atau SKU-H dan SKU-B di lingkungan PT Ivomas Tunggal yang berada di Kecamatan Kandis.

Menurut Indra Gunawan, besaran bonus karyawan PKWT sama dengan besaran bonus yang dibayarkan kepada karyawan tetap SKU-H dan SKU-B di lingkungan PT Ivomas Tunggal.

“Karyawan PKWT yang telah bekerja selama 12 bulan penuh, tentu berhak mendapat bonus penuh sebesar yang diterima karyawan SKU-H dan SKU-B berdasarkan kesepakataan formula pembayaran bonus tahun 2012, tetapi sampai saat ini berjumlah 300 orang karyawan PKWT di lingkungan PT Ivomas Tunggal belum juga dibayarnya,”ungkap Indra kepada awak media ini, yang diamini sejumlah karyawan PT Ivomas Tunggal di Kecamatan Kandis, Sabtu (17/6/2017).

Dijelaskan Indra, berdasarkan permenakertrans nomor 28 tahun 2014 pasal 15 ayat 1.  “Dalam satu perusahaan hanya dapat dibuat 1 (satu) PKB yang berlaku bagi seluruh pekerja/buruh di perusahaan yang bersangkutan baik PKWT maupun PKWTT. PKB-BKSPPS tahun 2014 s/d 2017 pasal XIII ayat 2 mengatur dan menyepakati tentang bonus.

Kedua belah pihak setuju membuat formula seperti yang diajurkan mediator Direktorat Penyelesaian Hubungan Industrial Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI sesuai dengan kesepakatan bersama BKS-PPS dengan PP FSP PP SPSI.

Tanggal 25 Februari 2010 dan besaran bonus tetap berdasarkan kesepakatan bersama PP FSP PP-SPSI dan  BKS-PPS kesepakatan bersama PP FSP PP-SPSI dan BKS-PPS.

“Yang berhak mendapatkan Bonus adalah pekerja yang telah bekerja secara terus menerus selama 12 bulan, pekerja yang telah bekerja lebih dari 3 bulan diberikan bonus tahunan secara proposional dan pekerja yang putus hubungan kerja dengan kualifikasi pensiun atau meninggal dunia.maka pada saat penerimaan bonus tetap mempunyai hak baginya dengan masa kerja berpedoman kepada ayat a,b,”terang Indra.

Diharapkan Indra, apa yang telah menjadi hak dari pada pekerja/buruh setelah melaksanakan kewajiban dibayarkan sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Perusahaan kita harapkan dapat memahami situasi dan kondisi lapangan sebagaimana situasi yang sebenarnya dan harapan kita apa yang kami sampaikan ini menjadi motifasi bagi semua karyawan dalam meningkatkan produktivitas kerja yang maksimal harmonis dan dinamis khususnya dilingkungan HGU PT Ivomas Tunggal yang beroperasional di Kecamatan Kandis,”harap Indra.

Ketika hal tersebut dikonfirmasi awak media ini via pesan singkat (SMS) kepada General Manager PT Ivomas Tunggal, Anas Barus, dengan nomor telepon genggamnya 0813845613….., namun hingga kabar ini dimuat belum ada tanggapannya***(IG).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *