Tanggapan DPP FSPPI Siak-Riau Soal Pemberian Bonus Perusahaan Untuk Karyawan RKWT

0
14

Yth, Pemimpin Redaksi Kompasriau

Perihal klarifikasi PT Ivomas Tunggal

Bahwa berdasarkan Undang-Undang  nomor:  13 tahun 2003 pasal  118, Jo Permenaker 28 tahun 2014 pasal 15 ayat 1, bahwa di dalam satu perusahaan hanya dapat dibuat  satu PKB yang berlaku sama bagi pekerja/buruh dengan status PKWT.

Karena secara definisi Undang-Undang bahwa pekerja/buruh adalah orang yang bekerja menerima upah dalam bentuk uang atau imbalan dalam bentuk lain.

Pasal 6 Undang-Undang  nomor:  13 tahun 2003 berbunyi : setiap pekerja/buruh berhak memperoleh perlakuan yang sama tanpa diskriminasi oleh pengusaha.

Maka syarat PKB untuk dapat disahkan oleh instansi terkait isi PKB harus lebih baik dari undang-undang atau peraturan yang ada bila lebih rendah, maka batal demi hukum yang berlaku adalah peraturan atau Undang-Undang  sebelumnya.

PT Ivomas Tunggal adalah anak perusahaan Perkebunan sawit yang berinduk kepada GAR ( golden Agri Reseucrt) yang  berpusat di Singapura saat ini memiliki  4 pilar kebijakan, dimana pada kebijakan ke 3 ” Mengakui, menghormati dan memperkuat hak-hak semua pekerja buruh.

Seyogiannya lah perusahaan Perkebunan sawit PT Ivomas Tunggal  yang sedang dalam proses meraih sertipikasi ISPO setelah memiliki sertipikat RSPO  saat ini dimana 72 kriteria  RSPO wajib di penuhi termasuk kebijakan kepada pekerja buruh.

Maka tidak ada alasan perusahaan untuk tidak tunduk kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Termasuk kepada hak bonus yang diatur didalam salah satu pasal PKB BKS-PPS yang saat ini berlaku di PT Ivomas Tunggal.

Perlu juga kami sampaikan bahwa status PKWT yang saat ini di PT Ivomas Tunggal adalah satu pelanggaran yang kami duga sengaja diterapkan oleh perusahaan untuk mengangkangi hak pekerja/buruh untuk mendapat perlakuan yang sama tanpa diskriminasi oleh penguasa sesuai  Undang-Undang nomor: 13 tahun 2003 pasal 6.

Dan status PKWT juga melanggar pasal 59 UU nomor: 13 tahun 2003 dan aturan outsourcing,  Kepmenaker nomor: 100 tahun 2004 tenang PKWT dan BHL dan PKB BKS-PPS pasal XIX  ” pekerja yang dapat dikerjakan oleh pekerja non SKU  adalah pekerjan yang sifatnya insidential atau sewaktu-waktu seperti pembangunan rumah, jebatan dan lain-lain.

Faktanya di lapangan bahwa pekerja/buruh PKWT di lingkungan PT Ivimas Tunggal adalah mereka yang bekerja sebagai pemanen/pemetik buah sawit (proses produksi)

Besaran bonus keuntungan produksi yang dibayarkan kepada pekerja/buruh adalah berdasarkan hitungan CPO/ha.

Dalam Undang-Undang  nomor: 13 thn 2003 pasal 129 ayat 1 “Pengusaha dilarang menganti PKB dengan peraturan perusahaan selama di perusahaan yang bersangkutan masih ada serikat pekerja/serikat buruh.

Dalam kesepakatan bonus tahun 2012 tidak memuat secara spesipik status pekerja/buruh yang berhak atas bonus keuntungan pertahun.

Bila perusahan dalam surat klarivikasinya menyebutkan kebijakan perusahaan kami asumsikan PT Ivomas Tunggal telah mengganti PKB dengan peraturan perusahaan

Lalu dimana (KSLG) Kebijakan sosial lingkungan GAR yang di muat besar-besar disetiap halaman  kantor operasional perusahaan PT Ivomas Tunggal.

Lalu kami berpendapat layakah PT Ivomas Tunggal mendapat sertipikasi RSPO dan layak ikut menerima sertipikasi ISPO.?

Jika kepada pekerja/buruh sendiri memperlakukan secara diskriminasi. Hubungan industrial INDONESIA adalah hubungan industrial PANCASILA. Sebagaimana landasan dan tujuan pembangunan nasional.

Dimana letak kemanusiaan dan dimana letak keadilan di PT  Ivomas Tunggal.?

Bahwa pengurus Serikat Pekerja Perjuangan Indonesia (SPPI) sudah menyurati sebelum pihak pengusaha PT Ivomas Tunggal dalam hal ini CEO PSM 5 Bapak FRANSCISCUS CONSTAN.

Dan seluruh pimpinan unit kerja PT Ivomas Tunggal, Juga sudah kita laporkan kepada bidang pengawasan Disnaker Propinsi Riau pada saat bersamaan dengan disuratinya pihak PT Ivomas Tunggal dan surat langsung kami sampai ke kantor perwakilan PT Ivomas Tunggal di pekanbaru Jalan T.Umar  No: 19 Kota Tinggi Kecamatan Pekanbaru, koTa pekanbaru, Propinsi Riau dan diterima oleh resepsionis.

Siak tanggal 20 Juni 2017.

Salam Dari kami Keluarga Besar  SPPI Siak-Riau

Indra Gunawan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here