Panitia Pemilihan Kades Muntai Barat Tetapkan Jadwal Kampanye

Bengkalis,kompasriau– Panitia Pelaksana pemilihan kepala Desa Muntai Barat, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Jumat  (30/6/2017, menetapkan jadwal kampanye bagi para calon kepala Desa Muntai Barat masa periode 2017-2021.

Ketua Panitia Pelaksana, Safii yang didampingi para anggota, mengundang seluruh para calon kades muntai barat berjumlah 4 (empat) orang yang sudah ditetapkan calon kades sebelumnya.

“Sesuai aturan yang berlaku jadwal kampanye para calon kades sudah ditentukan oleh panitia dan hal tersebut tidak bertentangan dengan undang-undang yang berlaku,”ujar Safii.

Dijelaskan Safii, berbagai sistim dalam kampanye dan larangan dalam kampanye sebagaimana dituangkan dalam aturan, agar tidak mempersoalkan dasar Negara Pancasila, Pembukaan UU Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Melakukan kegiatan yang membahayakan keutuhan  Negara kesatuan Republik Indonesia.

Kemudian dilarang untuk menghina seseorang,agama,suku,ras,golongan,calon dan calon lain. Menghasut dan mengadu domba perseorangan dan masyarakat. Mengganggu ketertiban umum. Mengancam untuk melakukan kekerasan atau menganjurkan pengguna kekerasan kepada sesorang,sekelompok anggota masyarakat,dan atau calon lain. Mengunakan fasilitas pemerintah,tempat ibadah,dan tempat pendidikan, dan lainnya.

Bahkan dalam kampanye dilarang mengikutsertakan Kepala Desa,Perangkat Desa,anggota badan permusyawaratan Desa sesuai pasal 31.

Bahwa pelaksanaan kampanye yang melanggar larangan kampanye sebagaimana dimaksud dalam pasal 30 ayat 1 dikenai sanksi, yaitu peringatan tertulis apabila pelaksanaan kampanye melanggar larangan walaupun belum terjadi gangguan dan penghentian kegiatan kampanye di tempat terjadinya pelanggaran atau di suatu wilayah yang dapat mengakibatkan gangguan terhadap keamanan yang berpotensi menyebar ke wilayah lain.

Jadwal kampanye bagi para calon kades yang sudah di tetapkan diantaranya, hari Senin tanggal 03 juli 2017 atas nama Subari, dimulai pukul 08.00 s/d 12.00 Wib, lokasi Jalan Paret Jawa. Atas nama Ramli,Spd, dimulai pukul 13.00 s/d 17.30 Wib, lokasi Jalan Penurun.

Atas nama Amin, S. Ag, pukul 07.30 s/d 11.30 Wib, lokasi Jalan paret Jawa. Sementara hari selasa 04 Juli 2017 atas nama Syuib, dimulai pukul 08.00 s/d 12.00 wib, lokasi Jalan Paret Jawa Penurun. Atas nama Syuib, pukul 07.30 s/d 11.30 Wib, lokasi Jalan Penurun.

“Kemudian dalam pelanggaran kampanye ada sanksi berat, untuk itu tentu hal ini perlu di perhatikan para calon dan peran pengawas sangat dituntut propesional, agar tidak terjadi persoalan yang merugikan calon dan  masyarakat, karena yang menentukan bakal calon kepala Desa adalah kita,”ujar Safii.

Kendati berbagai komentar yang disampaikan para calon saat diruangan rapat, namun dapat diputuskan dengan cara sepakat dan damai dalam menyonsong saat hari pemilihan kepala Desa itu.***(Arianto).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *