PT IMT PKS Diduga Buang Air Limbah Bau Busuk Ke Sungai

0
10

IMG-20170807-WA0009Kandis,kompasriau-PT IMT PKS yang beroperasi di wilayah hukum Kabupaten Siak, diduga membuang air limbah ke dalam anak sungai dan mengalir ke sungai Sam-Sam pemukiman masyarakat di kawasan Desa Kandis.

Pengamatan awak media ini tepatnya di belakang  PT IMT PKS, Minggu pagi (6/8/2017), ditemukan  air limbah di tempat pengumpulan janjangan kosong (jjk) di areal PKS  di tampung di bak sendimentasi dan mengalir melalui satu pipa paralon ke dalam anak sungai. Dimana aliran anak sungai tersebut dihilir melewati pemukiman masyarakat Desa Kandis bermuara di  sungai Sam-Sam.

Air limbah yang dihasilkan dari proses akhir TBS PT IMT PKS tersebut berwarna keruh,berminyak dan berbau busuk terlihat mengalir dari arah Bak Sendimentasi tertutup seng melalui pipa paralon mengalir bebas ke anak sungai dibawahnya.

Ketika hal tersebut di konfirmasi awak media kepada Mill Maneger PKS, Parman via telepon genggam, Minggu (6/8/2017), namun hingga saat ini belum ada penjelasan terkait hal tersebut.

“Sangat disesalkan jika perusahaan sekelas PT IMT yang sudah menyandang sertifikasi RSPO dan ISPO itu, namun pada faktanya tidak layak mendapatkan sertifikasi yang berazaskan kepatuhan  kepada seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku,”ungkap salah seorang warga Desa Kandis  tidak mau ditulis namanya di media ini.

Padahal menurut warga, anak sungai yang mengalir dari areal HGU PT IMT PKS banyak digunakan masyarakat di kawasan Desa kandis untuk mandi dan mencuci, aktivitas kehidupan sehari-hari.

“Mungkin saja kelangkaan ikan di sungai Sam-Sam ini salah satu faktor penyebabnya limbah yang dibuang oleh PT IMT PKS ke anak sungai dan bermuara ke sungai Sam-Sam ini,”keluh warga kepada awak media ini,Minggu (6/8/2017).***(Indra).

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here