Bandara Pinang Kampai Segera Dibangun

WAKO 3Dumai,kompasriau-Rencana pengembangan pembangunan Bandara Pinang Kampai kelihatannya akan terealisasi, dimana pihak Pertamina RU II Dumai memfasilitasi rapat tentang rencana pengembangan Bandara Pinang Kampai Dumai bersama Walikota dan instansi terkait di Ruang Rapat Solar Main Office Pertamina lantai dua areal kilang Putri Tujuh, Kota Dumai, Jum’at (18/8/2017).

WAKO 2Sebagaimana diketahui, jumlah kunjungan penumpang dengan menggunakan transportasi udara kian lama semakin meningkat, diperkuat dengan data yang diperoleh dari kepala UPT Bandara Pinang Kampai Catur Hargowo mengatakan bahwa bandara Pinang Kampai saat ini melayani tiga maskapai penerbangan antara lain; TransNusa rute (Halim-Dumai) (Dumai-Halim) Wings Air rute (Batam-Dumai-Medan) (Medan-Dumai-Batam) (Pekanbaru-Dumai) (Dumai-Pekanbaru) dan Pelita rute (Jakarta-Dumai) (Dumai-Jakarta).

Jumlah penumpang per hari rata-rata 200 orang, dengan arti kata peminat transportasi udara mulai menjadi kebutuhan, sementara itu kondisi bandara tersebut sangat memprihatinkan, sehingga menimbulkan keluhan-keluhan terhadap pelayanan baik itu pengunjung dari luar kota Dumai maupun warga tempatan yang hendak menggunakan fasilitas jasa pelayanan bandara.

WAKO 4Hal ini ditanggapi serius oleh Pemerintah Kota Dumai serta mendapat responship dari Pertamina RU II Dumai, berhubung bangunan bandara tersebut merupakan masih dalam status kepemilikan aset pertamina RU II Dumai, maka Pertamina RU II Dumai mempunyai hak mutlak keseluruhan dalam mengembangkan, merenovasi serta menanggung biaya operasional bandara pinang kampai hanya saja pengelolaannya yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Perhubungan, tentunya atas dasar peraturan yang berlaku serta kesepakatan MOU kerjasama antara Pertamina dan Pemerintah Kota Dumai,”tambah Catur.

Mengawali rapat pembahasan rencana pengembangan bandara pinang kampai ini, GM Pertamina RU II Dumai Mahendrata mengatakan telah mempersiapkan Rencana Pengembangan Bandara Pinang Kampai tersebut, Pertamina telah mendatangkan Vice President Bagian Aset Pertamina Kantor Pusat Jakarta, Hermawan bersama Team Rombongan Teknis yang akan melakukan pengembangan Bandara Pinang Kampai tersebut.

Pada kesempatan itu, Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli AS, M.Si mengatakan secara umum Pemerintah kota Dumai mendukung sepenuhnya rencana pengembangan pembangunan bandara pinang kampai ini dan berharap capat terealisasi agar masyarakat kota Dumai segera menikmati fasilitas pelayanan transportasi udara dengan aman dan nyaman. Selain itu juga dapat menambah PAD kota Dumai, Walikota Dumai menegaskan pada intinya semua pihak tidak ada yang dirugikan.

Dkatakan Walikota Dumai, mengenai tekhnis dilapangan nantinya, sudah diserahkan kepada instansi terkait Dinas Perhubungan dan Bagian Hukum Sekretariat Pemko Dumai secara prosedural untuk membantu proses rencana pengembangan bandara pinang kampai Dumai.

Dalam rapat tersebut dihadiri oleh Walikota Dumai, Drs. H. Zulkifli, AS, GM Pertamina RU. II Dumai. Mahendrata, Vice President Bagian Aset Pertamina Kantor Pusat Jakarta, Hermawan beserta rombongan tekhnis, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai, Asnar, Kepala Bagian Hukum Sekretariat Kota Dumai, Dr. Dede Mirza, SH. MH dan Kepala Upt. Bandara Pinang Kampai, Catur Hargowo.***(Infotorial/Humas Pemko Dumai)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *