Sekolah SDN Kelas Jauh Sebelumnya Dibangun Swadaya Warga

IMG-20170817-WA0004Dumai, kompasriau-Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Kota Dumai, Deddy, menanggapi soal kondisi bangunan Sekolah Dasar Negeri 012 kelas jauh di Kelurahan Basilam Baru, Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai.

Saat ditemui awak media ini di ruang kerjanya, Deddy mengakui masih tergolong baru menjabat sebagai Kabid Sekolah Dasar (SD), memaparkan soal keberadaan sekolah SDN 012 kelas jauh tersebut.

IMG-20170817-WA0009Deddy awalnya seakan sungkan menanggapi soal kondisi memprihatinkan sekolah kelas jauh itu, karena seharusnya kewenangan kepala Dinas kata Deddy, namun saat itu juga ditanggapi Deddy dengan tidak menapikan soal kondisi sekarang SD Negeri 012 kelas jauh yang kondisinya memprihatinkan itu.

Deddy membenarkan belum pernah ada anggaran pembangunan sekolah kelas jauh tersebut setelah Deddy melihat berkas data di kantornya, namun ketika itu, Deddy mengarahkan awak media ini untuk menemui bagian program untuk memastikan soal pernah atau tidak dianggarkan peningkatan sarana dan prasarana sekolah kelas jauh tersebut.

Dijelaskan Deddy, bahwa SD Negeri 012 kelas jauh di Basilam Baru adalah memiliki induk pada SD Negeri 012 di daerah yang sama, namun kata Deddy berjarak jauh antara 4 sampai 5 kilo meter.

Sekolah kelas jauh ini kata Deddy, awalnya dibangun oleh masyarakat sekitar dengan swadaya warga. Hal tersebut dibangun mengingat SDN 012 (sekolah induk-red) jukup jauh dari kediaman warga di sekitar atau sekolah kelas jauh sekarang.

“Di lingkungan sekolah kelas jauh ini ada anak usia sekolah, sementara SD Negeri 012 sekolah induk cukup jauh, yakni sekitar 4 hingga 5 kilo meter. Karena itu, warga setempat membangun/mendirikan sekolah kelas jauh”, ungkap Deddy.

Dijelaskan Deddy, bahwa bangunan sekolah kelas jauh beserta lahan berdirinya bangunan sekolah, sebelumnya milik perorangan bermarga Sitanggang.

Namun kemudian lanjut Deddy, Sihol Sitanggang menghibahkan tanah dan bangunan sekolah kepada pemerintah Dumai. Artinya, tanah dan sekolah SD negeri 012 kelas jauh tersebut sudah milik atau aset Pemko Dumai.

Berangkat dari hal tersebut, bahwa segala fasilitas dan keperluan sekolah SD Negeri 012 kelas jauh, kata Deddy merupakan tanggungjawab oleh kepala sekolah SD Negeri 012 induk, baik soal bos murid maupun soal honor guru merupakan bagian dari sekolah induk (SDN 012-red).

Deddy menjelaskan, bahwa di sekolah SD negeri 012 kelas jauh jumlah murid tahun ini hanya 36 orang dengan 5 rombongan belajar (rombel). Sedangkan guru tenaga pendidik hanya berjumlah 5 orang, diantaranya 3 orang guru honor bos dan 2 orang honor daerah.

Sementara pada SD Negeri 012 induk, kata Deddy muridnya berjumlah 50 orang dibagi dengan 6 rombel dan guru pendidik 14 orang berstatus PNS.***.(Tambunan).

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *