Kondisi SDN 012 Kelas Jauh Ditanggapi Dinas Pendidikan Dumai

0
6

Sekretaris Disdikbud, RidwanDumai, kompasriau-Soal bangunan dan sarana prasarana Sekolah Dasar Negeri (SDN) 012 kelas jauh  Basilam Baru yang kondisinya sangat memprihatinkan, ditanggapi Dinas Pendidikan Kota Dumai.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Kota Dumai, Ridwan, menyebut belum terpantaunya sekolah tersebut dan baru mengetahui informasi soal kondisi sekolah kelas jauh itu.

Akan tetapi kata Ridwan, pada prinsifnya Pemko Dumai selalu memberikan perhatian pada pendidikan dan fisik sekolah yang ada di Kota Dumai “Terkait sekolah kelas jauh itu, kedepan kita akan memperhatikan sekolah tersebut”, ungkap Ridwan menanggapi.

Menurut Ridwan, terkait kondisi bangunan, baik sarana dan prasarana sekolah dasar 012 kelas jauh yang tidak tersentuh pembangunan, Ridwan mengatakan belum mengetahui pasti apakah pihak kelurahan sudah pernah mengusulkan pembanguannya atau tidak.

Bahwa prosedur pembangunan sekolah kata Ridwan, merupakan usulan dari sekolah itu sendiri dan diperkuat dari usulan yang muncul saat rapat musrenbang (musyawarah perencanaan pembangunan) di tinggkat kelurahan maupun kecamatan sampai ke tingkat kota.

“Saya belum tau di musrenbang kelurahan, apakah kelurahan sudah pernah memasukkan usulan atau tidak saya belum dapat memastikannya. Kalau sudah dimasukkan, akan diakomodir, tetapi hal itu mungkin belum masuk,”tandas Ridwan seraya mengulangi menyebut akan memperhatikan sekolah kelas jauh tersebut.

Sementara itu, Kasubag Program evaluasi dan Pelaporan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemko Dumai, Zulham Abidin, saat ditemui awak media ini di ruang kerjanya, pagi tadi, Senin (4/9), mengaku belum mengetahui pasti soal perkembangan sekolah kelas jauh.

Zulham Abidin mengakui, semenjak dia (Zulham-red) menjabat sebagai kasubag program evaluasi dan pelaporan di Disik dan kebudayaan Pemko Dumai per januari 2017, dia mengaku belum ada menerima usulan dari bidang pendidikan Sekolah Dasar Disdik Dumai soal pembangunan sekolah kelas jauh.

Berangkat dari kondisi bangunan sekolah kelas jauh tersebut, Zulham menyebut akan berkordinasi dengan kabid yang membidangi sekolah dasar di Disdik untuk membuat penganggaran pembangunan ruang kelas baru (RKB) tahun 2018.

“Saya akan koordinasikan soal pembangunan sekolah kelas jauh itu dengan bagian pendidikan dasar. Mudah-mudahan tahun anggaran 2018 akan kita bangun ruang kelas baru tersebut”, imbuh Zulham sembari menyebut kalau untuk anggaran perubahan tidak terkejar lagi.

Menurut Zulham, bahwa pada tahun anggaran 2017 ini, pihaknya (Dinas Pendidikan dan kebudayaan) Pemko Dumai) ada dilakukan pembangunan sejumlah sekolah di kelurahan Basilam Baru Kecamatan Sungai Sembilan termasuk pengadaan mobiler (meja-kursi-red) seluruh SD di kecamatan Sungai Sembilan terdiri dari 18 sekolah, termasuk SD Negeri 012 Basilam Baru (sekolah induk kelas jauh).

Akan tetapi, soal adanya pengadaan mobiler untuk SDN 012 oleh disdik pemko Dumai, menurut kepala Sekolah SDN 012 (sekolah induk-red), Ahmad Yani, mobiler tersebut peruntukannya hanya khusus untuk SDN 012 dan bukan untuk SDN 012 kelas jauh.

“Mobiler yang kami terima khusus untuk kelas induk, pak”, ujar Ahmad Yani saat dihubungi awak media ini lewat nomor ponselnya.*** (Tambunan)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here