Pengurus SPPI Ajukan 7 Syarat Ke Koperasi Air Kehidupan

IMG-20170705-WA0002Kandis,kompasriau-Perselisihan Ketenagakerjaan antara Serikat Pekerja Perjuangan Indonesia (SPPI) di Koperasi Air Kehidupan (KOP-AK) dengan pihak menejemen Koperasi Air Kehidupan (KOP- AK) berujung ke Polisi dan Disnakertrans Kabupaten Siak dan Disnakertrans Propinsi Riau, karena hingga saat ini perselisihan ketenagakerjaan tersebut belum juga selesai sesuai aturan hukum.

“Kita pengurus DPP SPPI  terus berupaya melakukan penyelesaian secara hukum di Disnakertrans Propinsi Riau dengan 7 (tujuh) persyaratan syarat,”ujar Indra Gunawan Sinulingga Ketua Umum DPP F-SPPI Siak Riau kepada awak media ini.

IMG-20170704-WA0000Adapun persyaratan yang diajukan pengurus  SPPI, diantaranya:

1.Perusahaan membatalkan dan mencabut semua Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak terhadap seluruh pengurus dan seluruh anggota SPPI KOP-AK dan mempekerjakan kembali dengan posisi semula. 2. Perusahaan membayar seluruh hak pengurus dan anggota SPPI selama tidak bekerja sejak resmi dikeluarkan dari KOP-AK.

3.Seluruh kerugian pada saat pengosongan/penggusuran paksa yang dilakukan pihak perusahaan diganti oleh KOP-AK sesuai dengan daftar barang yang sudah diserahkan kepada Polisi.  4.   Perusahaan membayar selisih  upah minimum dari 2011 s/d 2017 kurang lebih diatas sekitar Rp. 6,1 miliar untuk 320 orang pekerja.

5.Perusahaan menerima kehadiran SPPI di KOP-AK sebagai organisasi, mitra kerja nya dan bersepakat bersama untuk –saling menghormati, menghargai, bersama-sama menjalankan hak dan kewajiban berpegang kepada peraturan perundang-undangan yg berlaku. Perusahaan tidak melakukan tindakan intimidasi, diskriminasi dalam bentuk apapun terhadap pengurus dan angg.SPPI KOP – AK.

6. Perusahaan dan SPPI sepakat untuk menempuh musyawarah mufakat jika timbul masalah/persoalan dalam hubungan industrial, dan bila tidak tercapai kata sepakat para pihak menempuh jalur hukum yang diatur dalam perundang-undangan yang berlaku tentang perselisihan. 7. Naskah hasil kesepakatan perdamaian antara SPPI dengan KOP.-AK dicatatkana dan diberi akte notaris menjadi hukum bagi pihak yang bersepakat.

Menurut Indra, surat yang berisikan 7 syarat tersebut sudah  disampaikan kepada kuasa hukum Koperasi Air Kehidupan.  Yah, kita tunggu jawaban dari kuasa hukum koperasi air kehidupan, karena dalam surat tersebut SPPI memberi waktu 14 hari sejak surat diterima Koperasi Air Kehidupan,”ujar Indra.*** (PUR).

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *