Walikota Dumai Akan Bangun Gedung SDN 012 Kelas Jauh Basilam Baru

FB_IMG_1504785096645Dumai, kompasriau-Walikota Dumai, Drs H.Zulkifli AS dan Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Dumai, Drs H.Asyaari,MP merespons soal kondisi bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 012 kelas jauh Basilam Baru yang kondisinya memprihatinkan.

Walikota Dumai melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai, Drs H.Asyaari, MP mengatakan, pada anggaran tahun 2018 kalau memungkinkan SD kelas jauh akan diusulkan dalam perencanaan pembangunan gedung permanen.

“Nanti kita panggil Kepala Selokah SD 012, Ahmad Yani. Jadi untuk tahap pertama nanti kita masukkan 2 guru honor daerah ke SD kelas jauh itu. Kalau menyangkut dana operasional nanti akan disampaikan oleh Kepala Sekolah SD 012, untuk 40 siswa dana tersebut harus ke sana semua. Kepala sekolah SD 012 harus menghunjuk koordinator di SD kelas jauh sebagai perwakilan kepala sekolah,”terang Asyaari di kediaman Walikota Dumai, Kamis (7/9/2017).

Walikota Dumai menaFB_IMG_1504785004780mbahkan, pada prinsifnya Pemerintah Kota Dumai selalu memberikan perhatian pada pendidikan dan fisik sekolah yang ada di Kota Dumai. “Terkait sekolah kelas jauh itu, kedepan kita akan memperhatikan sekolah itu,”ujar Walikota Dumai.

Menurut Pendeta Sihol Sitanggang, bahwa SD Negeri 012 kelas jauh di Basilam Baru adalah memiliki induk pada SD Negeri 012 di daerah yang sama, namun kata Pendeta Sihol Sitanggang berjarak jauh antara 4 sampai 5 kilo meter.

Sekolah kelas jauh ini kata Pendeta Sihol Sitanggang, awalnya dibangun oleh masyarakat sekitar dengan swadaya warga. Hal tersebut dibangun mengingat SDN 012 (sekolah induk-red) jukup jauh dari kediaman warga di sekitar atau sekolah kelas jauh sekarang.

“SD Negeri 012 sekolah induk cukup jauh, yakni sekitar 4 hingga 5 kilo meter. Karena itu, warga setempat membangun sekolah kelas jauh ini,”ungkap Pendeta Sihol Sitanggang.

Pendeta Sihol Sitanggang mengaku telah menghibahkan tanah dan bangunan sekolah kepada pemerintah Dumai. Artinya, tanah dan sekolah SD negeri 012 kelas jauh tersebut sudah milik Pemerintah Kota Dumai.

Bahwa segala fasilitas dan keperluan sekolah SD Negeri 012 kelas jauh, kata Sihol Sitanggang merupakan tanggungjawab kepala sekolah SD Negeri 012 induk, baik soal dana bos murid maupun soal honor guru merupakan bagian dari sekolah induk.

JpegSekretaris Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Dumai Ridwan, saat dikonfirmasi awak media ini, Senin (4/9/2017), menyebut belum terpantau sekolah kelas jauh tersebut dan baru mengetahui soal kondisi SD Kelas Jauh itu.

Menurut Ridwan, terkait kondisi bangunan, baik sarana dan prasarana sekolah dasar 012 kelas jauh yang tidak tersentuh pembangunan, Ridwan mengatakan belum mengetahui pasti apakah pihak kelurahan sudah per

nah mengusulkan pembanguannya atau tidak.

Bahwa prosedur pembangunan sekolah kata Ridwan, merupakan usulan dari sekolah itu sendiri dan diperkuat dari usulan yang muncul saat rapat musrenbang (musyawarah perencanaan pembangunan) di tinggkat k

elurahan maupun kecamatan sampai ke tingkat kota.

“Saya belum tahu di musrenbang kelurahan, apakah kelurahan sudah pernah memasukkan usulan atau tidak saya belum dapat memastikannya. Kalau sudah dimasukkan, akan diakomodir, tetapi hal itu mungkin belum masuk,”tandas Ridwan seraya mengulangi menyebut akan memperhatikan sekolah kelas jauh tersebut.

Sementara itu, Kasubag Program evaluasi dan Pelaporan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Dumai, Zulham Abidin, saat ditemui awak media ini di ruang kerjanya, Senin (4/9/2017), mengaku belum mengetahui pasti soal perkembangan sekolah kelas jauh.

Zulham Abidin mengakui, semenjak dia (Zulham-red) menjabat sebagai kasubag program evaluasi dan pelaporan di Disik dan kebudayaan Pemko Dumai per januari 2017, dia mengaku belum ada menerima usulan dari bidang pendidikan Sekolah Dasar Disdik Dumai soal pembangunan sekolah kelas jauh.

Berangkat dari kondisi bangunan sekolah kelas jauh tersebut, Zulham menyebut akan berkordinasi dengan kabid yang membidangi sekolah dasar di Disdik untuk membuat penganggaran pembangunan ruang kelas baru (RKB) tahun 2018.

“Saya akan koordinasikan soal pembangunan sekolah kelas jauh itu dengan bagian pendidikan dasar. Mudah-mudahan tahun anggaran 2018 akan kita bangun ruang kelas baru tersebut,”ujar Zulham sembari menyebut kalau untuk anggaran perubahan tidak terkejar lagi.

Menurut Zulham, bahwa pada tahun anggaran 2017 ini, pihaknya (Dinas Pendidikan dan kebudayaan kota Dumai) ada dilakukan pembangunan sejumlah sekolah di kelurahan Basilam Baru, Kecamatan Sungai Sembilan termasuk pengadaan mobiler (meja-kursi-red) seluruh SD di kecamatan Sungai Sembilan terdiri dari 18 sekolah, termasuk SD Negeri 012 Basilam Baru (sekolah induk kelas jauh).

Akan tetapi, soal adanya pengadaan mobiler untuk SDN 012 oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Dumai, menurut kepala Sekolah SDN 012 (sekolah induk-red), Ahmad Yani, mobiler tersebut peruntukannya hanya khusus untuk SDN 012 dan bukan untuk SDN 012 kelas jauh.

“Mobiler yang kami terima khusus untuk kelas induk, pak”, ujar Ahmad Yani, saat dikonfirmasi awak media ini telepon genggamnya.*** (TS/Infotorial).

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *