Walikota Dumai Dampingi Menteri Dan Gubernur Resmikan Pabrik PT Energi Sejahtera Mas

PEMKO 3Dumai,kompasriau-Kamis (14/9/2017), Walikota Dumai, Drs. H. Zulkifli AS, M.Si memenuhi undangan dalam rangka peresmian PT Energi Sejahtera Mas  di Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai. PT Energi Sejahtera Mas dinaungi dua perusahaan besar yaitu Sinarmas dan Cepsa.

PT Energi Sejahtera Mas  memiliki nilai investasi sebesar 300 juta Euro dengan luas kawasan industri 25 H dan jumlah karyawan kurang lebih 400 pekerja. PEMKO 4Perusahan ini bergerak dibidang pengolahan biji sawit dan hasil pengelolaan akan di ekspor ke beberapa benua, seperti Asia, Eropa, dan Timur Tengah.

Areal perusahaan ini sudah dibangun sejak tahun 2012 dan proses pembangunan sudah rampung pada penghujung tahun 2016 lalu. Pabrik oleokimia ini mulai beroperasi penuh pada bulan April 2017.

Menurut Menteri Industri Republik Indonesia, Airlangga Hartato,  bahwa pemerintah berupaya mendorong hadirnya industri ke dalam negeri. Pemerintah juga mendorong agar investor untuk terus datang berinvestasi, diantaranya industri dibidang pengolahan kelapa sawit, sebab komoditi minyak  kelapa sawit masih menjadi komoditi strategis.

Sementara itu, Chairman Sinar Mas Agribusiness and Food, Franky O. Widjaja mengatakan, bisnis minyak kelapa sawit adalah komoditi strategis, bahkan menjadi satu komoditi ekspor andalan di indonesia. Sedangkan kota Dumai memiliki letak PEMKO 2geografis kota yang sangat strategis. Oleh karena itulah Sinar Mas Cepsa meghadirkan Pabrik Oleokimia di kota Dumai.

“Kita menghadirkan pabrik oleokimia berkualitas internasional di kota Dumai. Pabrik ini dibangun bersama Cepsa,”ujar Franky.

Menurutnya, Sinar Mas dan Cepsa adalah perusahaan patungan dan Sinar Mas menyediakan kelapa sawit. Sedangkan Cepsa menyediakan teknologi pengolahan kimia., karena Cepsa sudah berpengalaman teknologi manufaktur di bidang pengolahan kimia.

Franky juga mengapresiasi Pemerintah Indonesia dan dukungan Pemerintah kota Dumai. “Maka dari itu, Sinar Mas Cepsa berupaya untuk menghadirkan beragam produk berkualitas dan membangun pengolahan air. Jadi kita berusaha merealisasikan produk terbaik dari lokasi ini,”jelasnya

Pada kesempatan ini, Walikota Dumai, Drs. H. Zulkifli AS, M.Si mengatakan, “Kita patut bersyukur atas peresmian ini bisa semua berjalan dengan baik dan lancar. Semoga kedepan banyak lagi investor-investor untuk berinvestasi di kota Dumai, karena ini berdampak positif bagi pembagunan kota kita dan berkurangnya angka pengangguran di kota Dumai,”ujar Zul AS.

“Saya selaku Walikota mengucapkan terimakasih atas partisipasi para pelaku industri-industri di kota Dumai yang telah ikut membantu proses pembangunan, karena industri-industri ini sangat berpengaruh besar dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat kota Dumai. Saya juga berharap agar nantinya perusahaan-perusahaan tetap komitmen dalam membantu perkembangan pembangunan selanjutnya khususnya kota Dumai yang kita cintai ini, namun hal terpenting juga penerimaan tenaga kerja lokal tetap diprioritaskan,”tandas Zul AS.*** (Humas/Infotorial).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *