Karyawan PT BIP Melapor Ke Disnakertrans Dumai

0
20

Dumai,kompasriau-Merasa pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak oleh manajement perusahaan, sekitar 20 orang pekerja/karyawan PT BIP melapor ke Kantor Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Dumai, Senin (9/10/2017).

Atas laporan pekerja tersebut, pihak Disnakertrans menyarankan kepada para karyawan untuk mempersiapkan seluruh berkas terkait laporan mereka.

Salah seorang marga Simanjuntak, mewakili rekan-rekannya kepada wartawan kompasriau siang tadi mengatakan, bahwa mereka terpaksa membuat laporan ke Disnakertrans Dumai karena pihak perusahaan dinilai tidak respon soal hak-hak mereka, tidak sesuai aturan perundang-undangan.

“Kami membuat laporan ke kantor Disnakertrans Dumai berawal ketika kami disuruh pindah kerja ke Bagan Siapiapi dan mandah (tinggal di barak/Mes), namun tidak sesuai upah perbulan”, ungkap mereka.

Mereka sudah terbilang cukup lama bekerja di perusahaan BIP , ada yg hingga 15 tahun, akan tetapi kata mereka, pihak perusahaan tidak pernah mempertimbangkan upah mereka sesuai UMK sebagaimana diatur dalam perundang-undangan yang berlaku.

“Kami disuruh pindah kerja dan mandah diuar daerah, tapi gaji kami tidak sesuai perbulan apalagi namanya mandah, karena itu kami tidak setuju dengan upah yang ditawarkan perusahaan,”tutur mereka.

Akibat para pekerja yang mayoritas sopir truck ini meresa keberatan dipindah ke daerah lain, karena upahnya tidak sesuai, pihak perusahaan (BIP-red) katanya menyampaikan ultimatum kepada mereka (karyawan) dengan menyebut. “Bagi yang mau bekerja lanjutkan, tetapi bagi yang tidak mau akan diselesaikan di Disnaker,”ujar pihak perusahaan, jelas salah seorang marga Simanjuntak.

Menurut Simanjuntak, bahwa gaji perbulan yang mereka terima dari peruahaan dimaksud, selama ini tidak pernah mengacu dengan gaji yang ditentukan pemerintah atau tidak pernah sesuai dengan Upah Minimum Kota (UMK).

Jangankan UMK pada tahun-tahun sebelumnya, untuk UMK tahun 2017 saja kata mereka, perusahaan juga tidak menerapkannya.

Diakui mereka, bahwa gaji yang diterima dari perusahaan, khususnya tahun 2017 hanya Rp 1.750 000,- perbulannya.

Menanggapi soal pengaduan sejumlah 20 orang karyawan ke Disnakertrans Dumai, wartawan kompasriau mencoba meminta klarifikasi lewat konfirmasi pesan singkat (SMS) kepada pihak PT BIP, namun hingga berita ini dimuat, manajement PT BIP, tampak tidak bersedia menjawab.***(Tambunan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here