Lanal Dumai Sosialisasi Keselamatan Berlayar

0
4

Dumai,kompasriau-Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (E) Yose Aldino yang diwakili oleh Palaksa Letkol Laut (KH) Saiful Simanjuntak, S.H., M.H, melaksanakan sosialisi keselamatan berlayar di kapal MV. Dumai Line 3 yang di tumpangi sebanyak 120 penumpang dengan tujuan Bengkalis-Selat Panjang dan Batam, di dermaga Pelabuhan Penumpang Pelindo I Dumai, Senin (6/11/2017).

Kegiatan Sosialisasi Keselamatan Berlayar tersebut dimulai dengan peragaan cara menggunakan Baju Pelampung oleh ABK Dilanjutkan dengan penjelasan mengenai keselamatan berlayar.

Palaksa mengatakan bahwa pengetahuan tentang keselamatan berlayar sangatlah penting baik bagi masyarakat maupun bagi pengguna laut, masyarakat khususnya para penumpang harus paham betul apa yang harus dilakukan pada saat dalam pelayaran jika mengalami permasalahan, baik masalah yang datang akibat kebocoran kapal maupun yang datang dari alam, apalagi pada saat gelombang besar yang dapat mengakibatkan kapal tenggelam.

“Hal yang paling penting pada saat kapal mengalami masalah dalam pelayaran sebisa mungkin kita tetap tenang jangan sampai gugup karena hal itu dapat membuat kita jadi bingung dan tak dapat berbuat apa-apa,”ujar Palaksa

Lanjutnya, kegiatan Sosialisasi keselamatan berlayar ini merupakan program peduli koarmabar yang dilaksanakan oleh Potensi Maritim (Potmar) Lanal Dumai untuk menunjang keselamatan berlayar bagi masyarakat dan pengguna laut dan untuk kedepan TNI Angkatan Laut (Lanal Dumai) akan melaksanakan kegiatan rutin guna memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingya keselamatan berlayar,”ungkap Palaksa.

Posmat Sungai Dumai juga dilaksanakan giat sosialisasi kepada masyarakat dan pengguna laut dalam rangka program peduli Koarmabar.

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Paspotmar Lanal Dumai dan Perwira Lanal Dumai. Selanjutnya acara ditutup dengan pembagian life jacket kepada perahu water taxi dan nelayan yang hadir dalam acara tersebut.***(Rudy)

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here