Neta S.Pane: Novanto Sebaiknya Ditahan

0
137

Jakarta,kompasriau-Ketua Presidium IPW, Neta S Pane melalui pesan singkat (SMS), Jumat (17/11/2017) mengatakan,  Polri-KPK tidak perlu repot repot lagi memburu Ketua DPR-RI  itu dan tinggal menetapkannya menjadi tahanan yang dititipkan di rumah sakit.

Ketua Presidium IPW  berharap, Polri-KPK segera mendatangi Novanto di RSCM dan menyerahkan surat penahanan serta mengambilalih sistem pengamanannya untuk mengawasi tersangka yang sedang dirawat di rumah sakit tersebut.

“Agar tidak kembali menghilang, Novanto sebaiknya diborgol sama seperti tahanan lain yang sedang dirawat di rumah sakit,”kata Neta.

Neta menilai sudah saatnya KPK bersikap tegas terhadap Novanto agar kasus E-KTP bisa dituntaskan dengan cepat.

Kerjasama KPK-Polri sangat diperlukan untuk menuntaskan kasus tersebut, terutama dalam menghadapi pihak pihak yang berusaha menghalang halangi penanganan kasus ini.

Dikabarkan bahwa komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hampir merampungkan berkas penyidikan terhadap tersangka Setya Novanto.

KPK akan mempercepat penanganan perkara yang melibatkan Ketua DPR RI tersebut.

“Saya tanyakan ke Direktur Penuntutan, ‘sudah 70 persen, Pak,’ katanya,” ujar wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Rabu (15/11/2017).

Menurutnya, KPK memiliki strategi dalam penyidikan, termasuk dalam kasus yang melibatkan Setya Novanto.

Pemeriksaan seorang tersangka memang sebaiknya dilakukan di akhir penyidikan. Dengan demikian, pemeriksaan tersangka dapat segera dilanjutkan dengan tindakan penahanan.Setelah itu, penyidik dapat melimpahkan berkas penyidikan dan tersangka ke tahap penuntutan.

“Semestinya sudah bisa, kan hari ini yang bersangkutan dipanggil sebagai tersangka. Kalau misalnya dilakukan penahanan, kita juga tidak tahu, kemungkinan kan bisa,”kata Alex.***(Fiter).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here