Pemko Dumai Serahkan Bantuan Alat Pertanian Dan Hewan Ternak Kepada Kelompok Tani

0
49

WAKO 1Dumai-kompasriau-Memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-37 tingkat Kota Dumai tahun 2017, Pemerintah Kota Dumai menyerahkan bantuan alat pertanian, sapi dan kambing kepada kelompok tani di Kota Dumai yang pendanaannya bersumber dari APBN, APBD Provinsi dan APBD Kota Dumai.

Peringatan HPS di Kota Dumai dilaksanakan secara sederhana yang dipusatkan di kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai, Kamis, (23/11/2017).

WAKO 5Dalam sambutannya, Walikota Dumai, Drs H.Zulkifli AS berharap besar kepada para petani untuk terus mengembangkan ilmu nya guna mendongkrak dunia pertanian di Kota Dumai.

“Petani harus mau belajar cara bercocok tanam, berternak sapi dan cara bertani yang baik dan benar disegala bidang agar bisah berhasil dalam profesinya dan mengangkat ekonomi keluarga,”ujar Walikota Dumai.

“Generasi muda juga harus kita siapkan menjadi regenerasi siap dalam meneruskan pengembangan pertanian. Kebutuhan beras di Kota Dumai sebanyak 30.000 ton/tahun, sementara petani lokal baru mampu memenuhi sebanyak 5-15% saja. Hal ini menunjukan bahwa masih banyak peluang kita menjadi petani guna memenuhi kebutuhan salah satu bahan pokok tersebut,”kata Zulkifli.

WAKO 3“Salah satu permasalahan kita juga masalah ketersediaan lahan, karena lahan di Kota Dumai kebanyakan merupakan kawasan hutan. Meski demikian petani sering melakukan pinjam pakai, yang paling penting para petani harus semangat. Saya harap dengan bantuan yang diberikan ini menambah hasil pertanian, mempermudah kerja para kelompok tani, serta menambah semangat,”urai Zulkifli.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Provinsi Riau , Ir. Darmansyah mengatakan bahwa peringatan HPS ini diharapkan menjadi momentum bagi masyarakat untuk memenuhi hak asasi manusia dalam hal pangan. Diharapkan kepada generasi muda mampu dan mau bertani dengan beragam peralatan yang sudah modern juga canggih.

“Diharapkan juga TP-PKK dapat mendorong para ibu-ibu rumah tangga membudidayakan minimal tiga polibek saja kebutuhan pokoknya di rumah, sehingga tidak ada lagi keresahan apabila ada kenaikan harga bahan pokok. Provinsi Riau sebagai daerah konsumen masih kekurangan pangan sebanyak 70%, kebutuhan beras di Provinsi Riau sebanyak 666.000 ton/tahun, sementara kita baru bisa memenuhi sebanyak 247.200 ton/tahun,”ujar Walikota.

Hadir dalam kegiatan ini Asisten I, Hamdan Kamal, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai, Hadiyono, Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan, Kasdim 0320/Dumai Mayor Arh Sudiyono, Ketua TP-PKK Kota Dumai Haslinar Zulkifli AS dan anggota DPRD Dumai, Drs Paruntungan Pane,MM.*** (Hms/Infotorial).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here