Kades Darul Aman: LPG Untuk Masyarakat Terpenuhi

0
90

SARIPUDIN,S.SosBengkalis,kompasriau.-Semenjak berdirinya Unit Usaha pangkalan Gas LPG 3 Kg yang merupakan salah satu unit usaha dalam Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Darul Aman, Kecamatan Rupat, dapat mencari solusi untuk mengatasi kelangkaan Gas LPG  3 Kg di kawasan Desa Darul Aman, Kabupaten Bengkalis.

Sebelum berdirinya Unit usaha pangkalan dalam BUMDes ini, masyarakat sangat mengeluhkan seringnya terjadi kekosongan Gas LPG 3 kg di tempat usaha pengecer, sehingga pada saat barang mulai langka otomatis harga juga ikut naik. Desa Darul Aman yang terbagi menjadi 3 LPG BengkalisDusun ini terdiri lebih dari 800 Kepala Keluarga (KK) dan 99% dalam kegiatan memasak menggunakan Gas LPG 3 Kg.

Seperti apa yang menjadi tujuan awal berdiri BUMDes ini, selain untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes), juga bertujuan membantu kebutuhan dalam masyarakat dari berbagai sektor.

Pangkalan LPG yang di beri nama “Amanah Gas” ini, dalam satu Bulan menghabiskan penjualan kepada masyarakat dengan total 1.120 tabung LPG, namun setelah berjalannya waktu kekurangan juga mulai nampak, sehingga BUMDes akan melakukan pengembangan untuk meningkatkan jumlah pasokan setiap bulanya.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala Desa Darul Aman, Pramujo Roshid.Shi, Jum’at (24/11/17) di ruang kerjanya.

“Alhamdulillah, setelah BUMDes menjalankan unit perdagangan Gas LPG 3 Kg ini kebutuhan di masyarakat terpenuhi dan tak ada lagi kelangkaan, karena BUMDes tidak hanya mengejar Financial semata, tapi harus lebih mengarah kepada aspek yang di butuh masyarakat setempat,”jelas Kades

Sementara itu, salah asatu motifator BUMDes, Saripudin,Sos yang merupakan koordinator pendamping Desa Ekonomi Kecamatan Rupat, tetap memberi dukungan dan pembinaan kepada BUMDes Darul Aman dalam mengelola unit-unitnya, salah satunya Pangkalan Gas LPG, sehingga dalam mengendalikan pemasaran di lapangan dan juga adminitrasi keuangan tidak keluar dari peraturan.

“Kami akan terus mengawal dan memberi pendampingan kepada BUMDes, sehingga pengelola dapat menjalankan usahanya tanpa ada kendala, karena menjalankan usaha tidak hanya sebatas pemasaran di lapangan saja, akan tetapi harus ada sistem keuangan yang harus di rinci dan di kerjakan dengan benar,”ujar Saripudin.

BUMDes yang berdiri tahun 2015 ini selain Pangkalan Gas LPG kini juga akan membuka usaha air minum siap konsumsi dengan menggunakan system RO (0), guna memenuhi kebutuhan masyarakat berupa air minum yang sehat. Hal tersebut ini dikatakan salah satu pengelola BUMDes Darul Aman, Chairul.

Menurutnya, untuk usaha pangkalan gas lpg ini terus mengalami peningkatan pemakainya, sehingga Bumdes akan melakukan pengembangan untuk memenuhi kekurangan itu. Kata Chairul, pemakaian LPG di Desanya bukan hanya untuk keperluan memasak dirumah saja, namun juga untuk usah mikro masyarakat.

“Pemakai Gas LPG 3 Kg ini selain memasak di rumah, juga melayani untuk masyarakat yang punya usaha mikro dan untuk kedepan kami juga akan mencari pelanggan diluar Desa Darul Aman salah satunya, kami akan menjalin kerjasama dengan BUMDes, untuk pengembangan unit-unit yang lain selagi tidak melanggar peraturan dalam pengelolaan, salah satunya kami akan membuka usaha air minum siap konsumsi,”jelas Chairul.

BUMDes adalah suatu lembaga Desa yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan mengoptimalkan asset Desa supaya bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat, sehingga masyarakat terbantu dan menghasilkan PADes yang diatur dalam peraturan menteri Desa, PDT dan Tranmigrasi No. 4 tahun 2015 sehingga Desa dapat menggali potensi Desanya masing-masing.***(Nank)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here