Natal Perdana Persekutuan Jemaat Kharismatik Dumai Meriah

0
398

PENITERADumai, kompasriau-Perayaan Natal Perdana jemaat Gereja-Gereja yang bergabung di Persekutuan Jemaat Kharismatik di Kota Dumai, Selasa (5/12/2017), berlangsung sukses dan meriah.

Pelaksanaan perayaan natal Persekutuan Jemaat Kharismatik Dumai (PJKD) dilaksanakan di Gedung Serbaguna Sintani, Jalan Khaharuddin Nasution, Kesuma Ujung, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai.

Paruntungan PaneNatal perdana jemaat gereja-gereja  yang tersebar di wilayah Kota Dumai ini tampak sambutan antusias jemaat berjumlah sekitar 600 yang hadir memadati acara itu di gedung Sintani Dumai.

Lagu – lagu pujian dan lagu natal dalam acara perayaan natal ini berkumandang sehingga membangkitkan suasana suka cita natal para hadirin.

Jpeg

Liturgi oleh anggota jemaat mengisi acara merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam acara perayaan natal yang disusun para panitia.

Ragam warna disampaikan dalam pragmen liturgi natal ini cukup menyentuh situasi kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Perkembangan tehnologi global merubah prilaku manusia beragam warna, demikian soal lingkungan hidup maupun hutan paru-paru dunia tercemar dan dirusak.

Jpeg

“Kewenangan penguasa, keadilan maupun penegakan hukum yang kerab tergerus dan ternoda di negeri ini” menjadi gambaran disampaikan para liturgi seakan mengingatkan kehidupan bermasyarakat dan bernegara masih terjadi saat ini.

Dengan itu, seiring isi pragmen para liturgi yang menyampaikan situasi berkehidupan zaman millinium ini, umat kristen khususnya jemaat PJKD diharapkan harus mampu menjadi “garam dan terang dunia merubah tawarnya garam dan redupnya terang,”ujar pembicara, Pendeta  Ekel Sihotang S.Th.

Renungan natal perayaan natal bersama PJKD ini, mengangkat moment situasi saat ini yakni dengan Thema mengajak umat PJKD “Kamu Adalah Garam Dan Terang dunia” (Mateus 5:13-14).

Pendeta Ekel Sihotang yang didatangkan dari Pekanbaru oleh panitia natal, cukup enerjik dan mempesona mengomandangkan renungan khotbah yang mengajak umat menjadi “garam dan terang dunia”.

“Ada kalanya garam bisa tawar dan hambar. Demikian umat ada kalanya ber prilaku tawar, menyelewengkan firman Tuhan karena diombang-ambingkan kepercayaan dan firman” ungkap pendeta Ekel.

Karena itu, iman firman ini dan hidup agar muncul mujizat dari Tuhan. Jadikan natal ini menjadi moment pembaruan diri, jadi garam dan terang dunia “Jangan takut menyampaikan kebenaran,”kata pendeta yang berasal dari desa Pusuk Satu Parlilitan ini mengunjungi renungannya sembari mengajak dan meminta umat agar menjadi garam dan terang dunia.

Diselingi lagu pujian dan liturgi, sesi koor dari Jemaat GBI Air Bersih Dumai, vokal group dari jemaat GBI Bumi Ayu dan puisi oleh ibu Ester menyebut, “Jika aku berhenti memuliakan Tuhan, biarlah ketika aku sudah mati,” kata Ester mewarnai suka cita acara natal ini.

Usai perayaan natal, Ketua panitia pelaksana Natal PJKD, TP Sitompul, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas atensi dan kehadiran para jemaat PJKD memadati acara natal PJKD yang perdana itu.

TP.Sitompul mengucapkan terima kasih kepada staf ahli Pemko Dumai, Drs H. Amiruddin M.Si, yang hadir dalam acara natal PJKD mewakili Walikota Dumai.

TP.Sitompul juga mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD Dumai, Paruntungan Pane MM,  Yusuf Manullang, Panitera Pengadilan Negeri Dumai, Sahat Udut Hutagalung, SH.MH, Laurensus Halomoan Sitorus,SE dari Kecamatan Sungai Sembilan, Ibu Rode dari kementerian agama Kota Dumai, Ibu Rosti Uli Purba DPD dari Pekanbaru,  Ketua Ikatan Keluarga Masyarakat Batak Dumai (IKMBD), Ir Parluhutan Harianja, Ketua BKGD, Pendeta Morris Hutabarat, para pendeta dan rohaniawan.

“Merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kami kehadiran bapak, ibu berkenan hadir dalam acara natal PJKD ini. Apabila ada suatu hal yang kurang berkenan dalam penyambutan kami selaku panitia,kami mohon maaf,”ujar TP.Sitompul.

Begitu juga, Ketua PJKD, Pdt J.Y Sianturi S.Th, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemko Dumai dan anggota DPRD Dumai maupun kepada jemaat dan para tamu undangan lainnya  atas kehadirannya.

Pengamatan kompasriau, hadir dalam acara tersebut, Penasehat PJKD, Pdt. Brigjen Pol (Purn) Drs Peniel Luther Harefa, SH. M.TH, Pendeta Sihol Sitanggang, Pendeta B.Aritonang, Pendeta Pasaribu dari GBI Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Pendeta B. Sitorus dari GPT Bukit Timah, Pendeta Tumanggor, Pendeta Yohanes Ismanto Simaremare dari GBI Air Bersih, Pendeta Manurung dari GBI Bumi Ayu, Pendeta Marbun dari GBI Bukit Batrem, Pendeta Gomgom dari GBI Basilam Baru, Pendeta Sihombing dari GBI Basilam Baru, Pendeta Boru Marbun dari GBI Batu Bintang, Pendeta Boru Simanjuntak dari GBI Sikumana, Pdp Boru L.Tobing dari GBI Bukit Timah dan Pdp Ibu Nomensen.

Laporan wartawan kompasriau: Aston Tambunan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here