Drs Paruntungan Pane, MM: Pembangunan Bukan Hanya Fisik Saja

0
52

Jpeg

Dumai, kompasriau-Kegiatan Reses Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Dumai memasuki persidangan III, terhitung September hingga Desember 2017.

Masa memasuki kegiatan reses tersebut, para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Dumai pun turun gunung menyambangi para konstituen di daerah pemilihan masing-masing.

Dari tiga puluh anggota DPRD Kota Dumai, Drs.Paruntungan Pane MM, Fraksi Partai NasDem, RESES 3adalah salah satu anggota Dewan yang turun ke kelurahan Daerah Pemilihannya (Dapil).

Salah satu kelurahan yang dikunjungi Paruntungan Pane pasca masa reses ini, yakni diantara dapil 2 adalah daerah belakang bulog jalan air bersih, Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai.

Bertempat di halaman kantor kelurahan Teluk Binjai, Kamis (7/12/2017), sekitar pukul 16 00 Wib, Paruntungan Pane melakukan pertemuan langsung dengan ratusan konstituen yang merupakan warga Rt 15 dan Rt 17.

Dalam pertemuan masa reses ini, seluruh aspirasi yang terangkat dari beberapa warga, menjadi catatan oleh Paruntungan Pane untuk diusulkan dan diparipurnakan masuk menjadi bagian pokok-pokok pikiran Dewan.

Selain aspirasi yang muncul dari warga dengan harapan diakomodir, ruang sesi tanya jawab dalam pertemuan reses ini juga menjadi bagian sesi utama antara warga dengan Paruntungan Pane.

Dari hal-hal yang muncul disuarakan warga, diantaranya soal adanya kekurang pemerataan Pembangunan di daerah itu, namun hal itu disadari Paruntungan Pane dengan menyebut merupakan bagian dari kekurangannya.

Namun menyikapi hal itu, Paruntungan Pane menyebut akan terus berusaha mendorong pemerintah untuk mengakomodir aspirasi tersebut guna melakukan yang terbaik.

“Saya menyadari masih ada kekurangan kemampuan saya dalam mengakomodir aspirasi warga khususnya dapil saya, namun saya akan berupaya untuk melakukan yang terbaik dari tupoksi saya soal aspirasi warga,”ungkap Paruntungan.

Soal pembangunan atau peningkatan jalan, gang termasuk minimnya penerangan jalan diwilayah kelurahan Teluk Binjai yang dinilai warga kurang pemerataan dari Pemerintah setempat, Paruntungan Pane pun tidak menapikkan soal keluhan dan aspirasi ini.

Akan tetapi soal adanya sebagian keterlambatan atau belum tersentuhnya pembangunan atau hal-hal yang dikeluhkan warga, menurut Paruntungan Pane yang didampingi pihak kelurahan dan ketua LPMK setempat, menyebut tidak terlepas juga akibat keterbatasan anggaran Pemko Dumai dan adanya pembangunan skala perioritas.

Artinya, ada skala prioritas yang didahulukan Pemerintah kota Dumai soal pembangunan disetiap masing-masing kelurahan, sehingga membuat keterlambatan pembangunan yang sudah diusulkan. Namun dalam hal pokok pikiran yang diajukan Paruntungan Pane, diakuinya sudah banyak yang terealisasi.

“Dari pokok-pokok pikiran yang saya usulkan kedepan mudah-mudahan dapat terealisasi dalam APBD perubahan dan anggaran tahun 2018. Yang jelas, dari usulan yang kami sampaikan sebelumnya sudah ada pembangunannya terealisasi, ada anggarannya sudah di plot dan ada yang masuk dalam rencana kerja,”papar Paruntungan.

Menurut Paruntungan, pada kelurahan lainnya di wilayah Dumai Timur yang merupakan dapilnya sudah beberapa pengerjaan terealisasi, diantaranya di daerah jalan Siliwangi, Batu Bintang dan tempat lainnya termasuk pembangunan perekonomian masyarakat.

“Pembangunan bukan dilihat dari jenis fisik saja seperti pembangunan jalan, semenisasi maupun pembangunan parit, akan tetapi soal peningkatan ekonomi masyarakat juga merupakan bagian dari pembangunan. Inilah hal yang juga sudah kami lakukan”.

Termasuk menunjang peningkatan perekonomian masyarakat dari sektor pertanian, peternakan, diakui Paruntungan Pane sudah ada memberikan bantuan alat pertanian, bantuan ternak kepada kompok tani penerima serta terus menunjang fasilitas dan mutu pendidikan maupun perekonomian lainnya,”imbuh Paruntungan.

Dan banyak hal lain yang dicontohkan Paruntungan Pane sudah dilakukan anggota dewan, namun katanya kurang diketahui masyarakat. Salah satu contoh soal fungsi dan tugas pokok anggota Dewan menglegislasi, penganggaran, membuat perda maupun pengawasan anggaran dan pemerintahan, “urainya.

Laporan: Aston Tambunan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here