Sosok Drs Paruntungan Pane,MM Patut Ditiru

0
310
Paruntungan Pane
Drs Paruntungan Pane, MM Mengikuti Rangkaian Natal

KOMPASRIAU.COM– Sosok seperti anggota DPRD Kota Dumai, Drs Paruntungan Pane,MM yang dikenal berjiwa sosial, peduli terhadap kegiatan-kegiatan ibadah umat kristiani dalam perayaan natal BKGD, PJKD, natal gabungan mahasiswa/i bersama GMKI Dumai dan juga kegiatan perkumpulan marga-marga, patut ditiru.

Begitu juga terhadap kegiatan-kegiatan perkumpulan (Pesta Bona Taon Pasahutaon) yang bergabung di Ikatan Keluarga Masyarakat Batak (IKMBD) di Kota Dumai, Paruntungan Pane selalu peduli.

Hal tersebut diungkapkan Pendeta MarkusTumanggor, S.Th kepada awak media ini, Jumat (29/12/2017).

Selama ini sosok Paruntungan Pane dikenal pengusaha sukses, sosial dan peduli terhadap lingkungan masyarakat di daerah pemilihannya,Kecamatan Dumai Timur dan Kecamatan Medang Kampai.

“Salah satu bukti misalnya, bahwa Paruntungan Pane sudah pernah menurunkan satu unit alat berat untuk mengali parit di sepanjang pinggir jalan Batu Bintang, Kelurahan Bukit Batrem, di Kelurahan Jaya Mukti dan juga turun langsung melihat pembangunan jalan semenisasi di kelurahan Bukit Batrem,”ujar Pendeta Markus Tumanggor.

Dari pokok-pokok pikirannya diutamakan untuk kepentingan masyarakat banyak di Kelurahan Bukit Batrem, seperti pembangunan jalan semenisasi di 3 (tiga) tempat di Kelurahan Bukit Batrem dan jalan Merdeka Baru, Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur.

Menurut J.Situmeang, bahwa Paruntungan Pane, selalu siap menyikapi fenomena di tengah masyarakat seperti kelangkaan elpiji 3 kg.

Buktinya belum lama ini, sejumlah anggota DPRD Dumai bersama Paruntungan Pane dan instansi lainnya, langsung sidak ke sejumlah rumah makan dan restoran terkait kelangkaan gas elpiji 3 kg. Dimana dalam pelaksanaan sidak tersebut, ditemukan sejumlah kedai kopi, rumah makan dan restoran memakai gas subsidi elpiji 3 kg dengan jumlah banyak disetiap tempat.

“Ternyata fakta dilapangan, sasaran pendistribusian dan penyaluran tabung gas bersubsidi elpiji 3 kg telah merambah ke kalangan pelaku usaha bisnis di Dumai. Atas temuan tersebut, sejumlah anggota DPRD bersama Paruntungan Pane, yang membidangi perekonomian dan keuangan di komisi II DPRD menghimbau para pelaku usaha bisnis di Kota Dumai untuk tidak lagi mempergunakan gas bersubsidi 3 kg,”urai J.Situmeang kepada awak media ini, Jumat (29/12/2017).

Begitu juga, jatah beras untuk rakyat miskin (raskin) di Kelurahan Jaya Mukti, Kecamatan Dumai Timur, dikeluhkan warga karena berasnya berkutu dan warnanya sudah menghitam sehingga tidak layak dikonsumsi.

Menindaklanjuti hal itu, Sejumlah anggota DPRD Dumai bersama Paruntungan Pane langsung turun ke kantor Kelurahan untuk melihat beras raskin tak layak konsumsi tersebut. Setibanya anggota DPRD di Kantor Lurah, Paruntungan Pane dan kawan-kawannya langsung memerintahkan Lurah untuk menganti raskin tak layak konsumsi tersebut ke pihak Bulog Dumai.

Pengamatan kompasriau di wilayah Dumai bahwa Paruntungan Pane dari Fraksi NasDem,selalu melakukan kegiatan  reses di daerah Kecamatan Dumai Timur untuk menampung aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya di Kecamatan Dumai Timur dan Kecamatan Medang Kampai, untuk disampaikan di rapat paripurna DPRD Kota Dumai.

Menurut beberapa orang warga di Kelurahan Teluk Binjai, bahwa Paruntungan dan kawan-kawannya di DPRD sudah berhasil bekerja supaya administrasi pengurusan  Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Akte kelahiran bebas biaya.

Apabila masyarakat mengurus KTP, Kartu Keluarga, akte kelahiran dan yang menyangkut administrasi kependudukan, tidak ada lagi dikutip biaya administrasi kependudukan, karena biaya itu semua sudah dibebankan kepada keuangan negara.

Pesan Paruntungan Pane kepada warga, kalau ada instansi terkait yang melakukan kutipan terhadap biaya pengurusan KTP,KK dan yang menyangkut administrasi kependudukan, boleh dilaporkan ke kantor  DPRD Kota Dumai.

Paruntungan Pane adalah generasi muda yang telah berhasil mengembangkan usahanya di bidang koperasi di 12 propinsi di Indonesia. K.S.U Bona Mandiri Jaya di Kota Dumai selalu melayani masyarakat.

“Kepuasan para masyarakat adalah tujuan pelayanan K.S.U Bona Mandiri Jaya”, untuk memberi pinjaman modal kepada para pengelola usaha seperti usaha bidang perbengkelan, pedagang, pertanian, perkebunan dan usaha-usaha lainnya.

Pengamatan kompasriau, seperti saat  ini silih berganti para masyarakat datang mengadukan nasibnya (berbagai persoalan) dan mereka (warga masyarakat para pengelola usaha) sangat mengharapkan kepeduliannya Paruntungan Pane untuk menyelesaikan segala problema yang dihadapinya.

Sosok Paruntungan Pane patut ditiru terutama soal kedisplinan kerja,ketegasannya dan kesabarannya untuk memperjuangkan aspirasi, hak-hak masyarakat.

Lihat saja misalnya, kendati sudah silih berganti para tamu yang datang ke kantornya di jalan Merdeka Dumai, untuk menyampaikan aspirasinya, namun Paruntungan Pane tetap memancarkan wajah senyum penuh keramah tamahan. Hal itu diakui oleh Pnt B.Sianturi.

Disamping kesetiaanya terhadap tugas yang diembannnya sebagai wakil rakyat, Paruntungan Pane, juga selalu bersifat nasionalisme.

“Mudah-mudahan dimasa yang akan datang, sosok anggota DPRD Dumai seperti Drs Paruntungan Pane akan tetap muncul yang mampu memperjuangkan aspirasi masyarakat seperti kita ini,”ujar Pnt B.Sianturi kepada awak media ini, Jumat (29/12/2017).

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here