Warga Binaan Rutan Dumai Dilatih Menjadi Pramuka

0
53
Jpeg

Jpeg

Dumai, kompasriau-Keberadaan Rumah tahanan di kota Dumai yang masih statusnya masih rumah tahanan (rutan) bagi para terdakwa maupun narapidana yang fungsinya sesuai dengan statusnya adalah pengamanan dan pengawasan, namun fungsi tersebut menjadi merangkap melakukan pembinaan terhadap warga binaan berjumlah 938 orang, yang selayaknya dibina di Lembaga Permasyarakatan (LP).

Kapasitas Rutan Dumai yang sebenarnya hanya dapat menampung narapidana maupun tahanan 256 orang, namun kini Rutan Dumai dihuni  938 orang warga binaan yang harus diawasi dan dibina oleh pegawai Rutan Dumai yang hanya berjumlah 36 orang.

Kepala Rutan Dumai, Edi Mulyono, SH.MH melalui Kepala Pengamanan Rutan (KPR), Aldino mengatakan kepada awak media ini di ruang kerjanya, Jumat (29/12/2012), bahwa Rutan Dumai sudah mengalami over kapasitas hampir 100% dari daya tampung hanya 256 orang, menjadi 938 orang. Oleh karena itu,  petugas Rutan Dumai dalam mengawasi dan membina warga binaan ini dengan cara persuasif dan penuh kekeluargaan terhadap binaan yang jumlahnya banyak.

“Kita melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya memperdayakan sumber daya manusia yang ada pada warga binaan itu, terutama dalam pembinaan secara rohani, dan kami sangat mendukung agar supaya nantinya para narapidana yang sudah bebas menjadi manusia yang bertobat dan soleh dan juga dapat diterima di tengah-tengah masyarakat,”ujar Aldino dengan nada senyum.

Selain itu, menurut Aldino, dari 12 orang warga binaan Rutan Dumai di rekrut menjadi Pramuka dan dilatih untuk menjadi Gugus Depsn (GUDEP) oleh pihak Rutan Dumai, gunanya untuk menumbuh kembangkan rasa persatuan dan kesatuan dengan disiplin yang penuh kebersamaan/tanggungjawab.

“Dimana para warga binaan yang menjadi Pramuka dapat membantu tugas-tugas pegawai Rutan, akan tetapi tetap kita awasi demi terciptanya kondisi yang kondusif di lingkungan Rutan ini dan kegiatan Pramuka tersebut adalah gagasan dari Kanwil TK I Provinsi Riau,”kata Aldino.

Lanjutnya, dalam menyambut tahun baru 1 Januari 2018, Rutan Dumai mengadakan kegiatan pekan kompetisi olahraga,  terdiri dari cabang olahraga vollyball, Futsal dan domino.

Dalam perayaan natal keluarga umat kristiani pegawai dan warga binaan di lingkungan Rutan Dumai, dihiasi dengan pemberian remisi kepada warga binaan sesuai dengan peraturan ketentuan yang berlaku, melalui surat Kementerian Hukum  dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

“Pada tanggal 25 Desember ini, sebanyak 51 orang warga binaan dapat remisi dan seorang dari antara warga binaan mendapat remisi tersebut dapat remisi bebas,”terang Aldino.

Untuk itu, Aldino selaku KPR berharap kepada masyarakat, LSM dan juga insan Pers untuk terus membangun komunikasi yang baik dan saling mengisi (Take and Give) untuk menjalin kerjasama yang baik.

“Muda-mudahan untuk tahun depan, pegawai Rutan Dumai akan bertambah sebanyak 37 orang diantaranya 3 orang wanita, “ujar Aldino.***(J.K.Situmeang).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here