Gubernur Riau Ajak Masyarakat Terus Bersatu Di Dalam Bingkai Pancasila

0
128
KompasRiau.com - C Natal Agung Riau
ROSTI ULI PURBA

Pekanbaru,kompasriau-Badan Kerjasama Gereja-Gereja di seluruh Provinsi Riau kembali melaksanakan rutinitasnya, yakni selaku wadah perhimpunan yang menjadi pelopor dalam penyelenggaraan Natal Agung Oikoumene Riau, Rabu (27/12/2017), bertempat di Gor Gelanggang Remaja, Jalan Jendral Sudirman, Kota Pekanbaru.

Panitia Pelaksana yang dipimpin langsung oleh Rosti Uli Purba ini berlangsung sukses dan penuh sukacita.

Pengamatan waetawan kompasriau.com, bahwa sampai pukul 23.15 wib, pasca selesainya acara tersebut, para panitia pelaksanan masih sibuk dengan konsolidasi kepanitiaannya, yaitu breefing atau evaluasi tahap pertama.

Acara yang terjadwal dimulai pukul 16.00 sore untuk Panpel dan pukul 18.00 untuk semua tamu, berlangsung dengan suasana kondusif.

Diperkirakan yang hadir mencapai 5.000 orang. Karena menurut kapasitas dari tempat itu sendiri, bisa mencapai angka tersebut. “Wah, Natal kali ini ramai sekali yang datang,”cetus salah satu Jemaat yang hadir.

Perayaan Natal kali ini berlangsung dengan penuh Khidmat. “untuk tahun 2017 ini, kami menyuguhkan yang berbeda, dimana akan dihadiri Langsung oleh Ketua DPD Republik Indonesia,” tutur Rosti Uli Purba.

Dilanjutkannya lagi, bahwa selain Ketua DPD-RI, Perayaan Natal Agung kali ini juga dihadiri oleh seluruh Jajaran Forkompimda se-Riau, mulai dari bapak Gubernur Riau, Kapolda Riau, Danrem 031/Wira Bima, Kepala Kantor Kementeriaan Agama Wilayah Provinsi Riau, Perwakilan Walikota Pekanbaru hingga seluruh Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan se-Provinsi Riau.

“Tentunya, dalam Pelaksanaan Natal Agung ini, Panitia juga mengundang seluruh Pengurus dan Pendeta Gereja Antar Denominasi yang ada di Riau,”ungkap Uli sapaan akrab Rosti Uli Purba. Dengan demikian, Perayaan Natal tahun 2017 ini, dapat dirasakan oleh seluruh komponen masyarakat provinsi Riau pada khususnya dan masyarakat seluruh indonesia pada umumnya.

Perayaan Natal Agung Oikoumene kali ini, mengangkat Thema: Kolose 3:15 yang berbunyi, “Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu”. Yang dipimpin langsung oleh Pengkhotbah dari Jakarta, Pendeta Andreas Sustono.

Dalam penyampaian khotbahnya, Pdt Andreas Sustono mengajak seluruh para Jemaat dan hadirin, agar dapat bersikap yang ramah dan Low Profile. Artinya, selaku Manusia, kita semua diharapkan untuk tidak serta merta menjaga image alias cuek dan tak peduli terhadap sesama.

“Wong kita ini sama kok, Coba bapak ibu saling berjabat tangan. Kiri kanan depan dan belakang, ditempat duduk masing-masing”. Sontak saja ajakan itu langsung dipraktekkan oleh seluruh para hadirin.

Ditambahkan Pdt Andreas, bahwa selaku umat manusia, semestinya kita semua harus bersikap apa adanya. ramah dan murah senyum. “Apabila kita berjumpa dalam satu kesempatan tertentu, jangan lupa untuk menegur atau menyapa duluan. Supaya hidup ini lebih Harmoni,”ajak Pdt. Andreas Sustono.

Dalam rangkaian acara tersebut, dimulai dengan persembahan pujian dari para singer, vocal group dari Simamora Bersatu (SIMBER), Koor PTPN V, Puisi dari ibu Maria Peratenta ST MT, Koor dari Gereja Khatolik Ahmad Yani, Koor dari Persekutuan Gereja-Gereja Tenayan Raya, Koor dari LANSIA PGI Wilayah Riau, hingga persembahan liturgi yang dibawakan langsung oleh masing-masing Denominasi Gereja, serta Koor dari GPT Kulim, PESPARAWI sampai pada akhir acara ibadah, yakni Persembahan Pujian dari Vocal Group GEKARI.

Tidak cukup sampai disitu, Acara juga dilanjutkan oleh sesi hiburan, yaitu dimulai dengan penyampaian kata sambutan panitia pelaksana. Namun karena adanya komunikasi ulang. Sehingga kata sambutan kedua langsung diberikan kepada Oesman Sapta Odang, selaku ketua DPD-RI. karena atas dasar adanya keperluan yang lain, yakni ketua DPD malam ini juga harus berangkat ke Pontianak, Kalimantan Barat. Karena besoknya juga disana akan berlangsung perayaan Natal Agung tingkat Nasional.

Bapak ibu, Para Hadirin Semua. Shaloom, Shalooom, Shaloooom, Shalooooom… Penggalan kalimat pembuka yang disampaikan oleh ketua DPD-RI buat para Hadirin. “I Love You Full bapak ibu semuanya. Semoga melalui Perayaan Natal ini, kita dapat terus saling bergandengan tangan dalam menjaga Toleransi antar sesama umat. Kiranya Damai Sejahtera Tuhan Menyertai kita sekalian,”ajak Oso sapaan akrab Oesman Sapta Odang.

Akhir dari sambutannya, Oso mengajak para Hadirin untuk Meneriakkan yel-yel, “Siapa kita, jawabnya Pancasila” secara berulang-ulang Oso mengajak para hadirin, agar bersemangat dalam menyongsong Damai Natal dan Tahun baru di 2018 yang akan datang.

Namun setelah sambutan itu, sesuai Mukadimah pertama. Oso langsung berpamitan untuk bergegas meninggalkan acara. Agar malam ini juga berangkat pulang ke kampung halaman, yaitu ke Kota Pontianak Kalimantan Barat. “Karena besok Pak Presiden Juga akan Hadir, maka saya harus duluan sampai disana,” ungkap Oso.

Setelah sambutan Oso, langsung diisi dengan kata sambutan dari Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman. Yang pada intinya mengajak seluruh para hadirin sekalian agar terus bersatu di dalam bingkai Pancasila.

“Acara Natal kali ini sangat berbeda. Sungguh sangat ramai,”ucap orang nomor satu di Provinsi Riau tersebut.

Akhir dari acara tersebut, diisi oleh penampilan dari para Panitia dan artis Ibukota. Seperti Solo Vocal, Drama, Vocal Group dan kembali membuka serta mengumumkan sesi Doorprize. bagi Peserta yang beruntung akan memperoleh Hadiah.

“Semoga Natal Tahun 2017 ini berkesan bagi kita semua serta kasih dan penyertaan Tuhan tetap ada di hati kita sampai Maranatha yang akan datang,” tutup Rosti Uli Purba yang juga Anggota DPD-RI asal Provinsi Riau.

Reporter : Alexander CH  Silaban

Editor: LARSHEN YUNUS,S.Sos.SC.M.Si

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here