Sarana Angkutan Laut PT.PLS Docking Di Galangan Kapal Ilegal.?

0
212

Batam, kompasriau-Perawatan dan perbaikan kapal secara rutin atau Docking adalah salah satu syarat yang harus dilakukan atas kapal oleh pemiliknya untuk mendapatkan kenaiklautan kapal dan aspek keselamatan kapal.

Penerapan berbeda dilakukan oleh sarana angkutan laut yang dipakai oleh PT.PLS. Perawatan dan perbaikan (Docking) atas KM.Budi Indah 1 dan Budi Indah 2 diduga dikerjakan di galangan Kapal Ilegal di pulau Galang-Barelang.

Kapos Syahbandar BarelangTamsil, ketika dikonfirmasi awak media ini melalui WhatsAppnya soal legalitas galangan kapal dan bagaimana sampai terjadinya KM. Budi Indah 1 dan KM Budi Indah 2 melakukan Docking di galangan ilegal.?

“Mohon tanyakan ke kepala kantor pelabuhan Batam di Sekupang. Untuk menjelasan hal ini, saya harus ada perintah dari kepala kantor pelayaran dulu. Kami bawahan tidak diberi hak untuk itu, mohon maaf saya tidak bisa menjawab, pesan Tamsil.

Padahal, untuk mewujutkan penyelenggaraan transportasi laut yang handal dan berdaya saing, sebagai uratnadi kehidupan dan sarana pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka pemerintah mengatur tatacara pelayaran yang dituangkan dalam Undang Undang Nomor 17 Tahun 2008.

Pasal 207 (1) Syahbandar melakukan fungsi keselamatan dan keamanan pelayaran yang mencakup, pelaksanaan, pengawasan, dan penegakan hukum di bidang angkutan di perairan, kepelabuhanan dan perlindungan lingkungan maritim di pelabuhan.

Hingga berita ini ditayangkan, kepala kantor pelabuhan Batam di Sekupang, belum berhasil ditemui awak media ini, guna konfirmasi terkait kegiatan perbaikan kapal (Docking) KM.Batam Indah 1 dan KM.Batam Indah 2 di Pulau Galang-Barelang.***(Roma)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here