Hakim PN Dumai Vonis Bebas Terdakwa Abu Bakar

0
1198

Dumai, kompasriau-Hakim Pengadilan Negeri Dumai kelas IA, membebaskan terdakwa Abu Bakar, dugaan melakukan perbuatan tindak pidana penggelapan sebagaimana di dalam tuntutan  Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Dumai.

Bahwa dalam amar putusan Hakim PN Dumai, pada sidang lanjutan di PN Dumai, sore tadi, Rabu, (17/1/2018), menyatakan terdakwa Abu Bakar tidak terbukti melakukan tindak pidana sebagaimana yang didakwakan JPU.

Baik dalam dakwaan kesatu JPU maupun dakwaan kedua, menurut majelis hakim bahwa terdakwa Abu Bakar tidak terbukti melakukan tindak pidana.

Dengan tidak terbuktinya perbuatan terdakwa Abu Bakar sebagaimana dalam dakwaan maupun tuntutan JPU Hery Susanto SH, maka majelis hakim dalam amar putusannya, memerintahkan JPU untuk membebaskan terdakwa Abu Bakar.

Hakim ketua majelis, Dewi Andriyani SH MH dengan hakim anggota Adiswarna Chainur Putra SH CN MH dan hakim Alfonsus Nahak SH MH, dibantu Panitera Pengganti (PP) Asrin Sembiring SH MH, dalam putusannya, memerintahkan JPU untuk mengeluarkan Abu Bakar dari tahanan segera setelah putusan diucapkan oleh hakim.

Selain memerintahkan agar Abu Bakar dibebaskan segera dari tahanan, majelis hakim ini juga memulihkan hak terdakwa dalam kemampuan, kedudukan dan harkat serta martabat Abu Bakar.

“Ini adalah kemenangan dan kebenaran hukum dari hakim yang menerapkan hukum seadil adilnya terhadap perkara ini,”ujar Asep Ruhiat kepada kompasriau usai sidang pembacaan putusan.

Atas putusan vonis bebas bagi kliennya Abu Bakar, Asep Ruhiat S.Ag SH MH kuasa hukum terdakwa Abu Bakar mengatakan, pihaknya bersama keluarga Abu Bakar sedang mempertimbangkan laporan balik atas perkara yang menerpa kliennya.

“Kami kuasa hukum bersama keluarga sedang membahas dan membicarakan laporan balik,”ungkap Asep sembari berharap agar perkara perdata Abu Bakar yang sedang berproses di PN Dumai dikabulkan majelis hakim.

Sementara itu, atas penerapan hukum yang seadil adilnya dilakukan majelis hakim, Asep Ruhiat pun menyampaikan ucapan terimaksihnya kepada hakim. “Semoga majelis hakim yang menerapkan hukum seadil adilnya mendapatkan pahala dari Tuhan Yang Maha Kuasa,”tutup Asep.***(Tambunan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here