Hasil Rapat Tak Jelas.? PT Pelindo I Cabang Dumai Larang Kapal TB MK IV Sandar

0
458
Jpeg

Dumai,kompasriau-Pihak PT Pelindo I Cabang Dumai melarang Kapal TB Kencana IV sandar di Dermaga C Pelindo I Cabang Dumai dengan alasan hasil rapat tak jelas.? Sementara hasil rapat yang menjadi alasan pihak PT Pelindo I Cabang Dumai untuk melarang kapal TB Mitra Kencana IV hanya disampaikan secara lisan kepada pengusaha jasa supplier.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Cabang PT Dahlia Bina Utama Cabang Dumai, Yulius, SH.MH kepada awak media ini dengan nada bertanya, Jumat (2/2/2018).

Menurut  Yulius, bahwa  Kantor Kesyahbadaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai telah mengeluarkan izin sandar kapal TB Mitra Kencana di Dermaga C PT Pelindo I Cabang Dumai, yang ditandatangani oleh Kabid Keselamatan Berlayar, Penjagaan Dan Patroli Kasi Penjagaan, Patroli Dan Penyelidikan, Jannes Sinaga,SH.MH.

Sesuai dengan undang-undang nomor: 17 tahun 2008 tentang pelayaran, Peraturan pemerintah nomor: 61 tahun 2009 tentang kepelabuhanan, Peraturan Pemerintah nomor: 20 tahun 2010 tentang angkutan di perairan dan keputusan Menteri Perhubungan nomor: 02 tahun 2010 tentang pedoman penanganan barang berbahaya dari kegiatan pelayanan di Indonesia.

“Pada prinsipnya, bahwa kapal TB Mitra Kencana IV disejutui oleh Kesyabandaran Dan Otoritas Pelabuhan Dumai untuk bersandar di Dermaga C PT Pelindo I Cabang Dumai, tetapi kenapa pihak PT Pelindo I Cabang Dumai melarang kapal TB Mitra Kencara IV sandar di Dermaga C. Lalu apa dasar hukum pihak PT Pelindo Dumai melarang kapal TB Mitra Kencana IV sandar di Dermaga C,”tanya Yulius kepada awak media ini.

Padahal menurut Yulius, bahwa kapal TB Mitra Kencana IV sudah mendapat izin oleh gerak dari kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai dengan surat  izin olah gerak nomor: KSOP Dumai/747/I2017 tentang peraturan bandar 1925, PP nomor: 5 tahun 2010 tentang kenavigasian dan Permen Hub nomor: 36 tahun 2012 tentang perubahan atau peraturan Menteri nomor: KM 65 tahun 2012 tentang organisasi dan tata cara kerja kantor kesyahbadaran dan otoritas Pelabuhan.

“Surat persetujuan olah gerak ini diberikan kepada perusahaan jasa angkutan perairan, pada tanggal 31 Januari 2018, yang ditanda tangani oleh kabid keselamatan berlayar, penjagaan dan patroli kesyahbandaran Dumai, tetapi pihak PT Pelindo I Dumai seakan-akan tidak mau tau dengan izin yang dikeluarkan oleh pihak KSOP Dumai sebagai administrator pelabuhan yang ada di Dumai,”ujar Yulius dengan nada kecewa.

Lebih lanjut Yulius mengatakan, hanya berbekal  alasan hasil rapat tak jelas yang disampaikan secara lisan oleh pihak PT Pelindo I Cabang Dumai kepada pihak supplier pengguna jasa anggutan, bahwa kapal TB Mitra Kencana dilarang sandar di Dermaga C Pelindo I Cabang Dumai.

“Tidak tertutup kemungkinan bahwa pelarangan untuk sandar kapal TB Mitra Kencana IV oleh pihak Pelindo I Dumai “sarat dengan kepentingan” dan bukan untuk kebutuhan yang sesuai dengan aturan, dimana pengguna jasa anggutan perairan yang sudah mendapat izin dari KSOP Dumai tidak berfungsi karena ada larangan sandar kapal TB Mitra Kencana oleh penguasa Pelindo Dumai,”kritik Yulius lagi.

Yulius mengaku sangat kecewa dan merasa dirugikan karena  dilarangnya kapal TB Mitra Kencana IV sandar di Dermaga C PT Pelindo I Cabang Dumai.  “Ada apa dibalik larangan kapal TB Mitra Kencana ini. Apakah hanya alasan hasil rapat yang tidak jelas, kapal TB Mitra Kencana dilarang sandar di Dermaga C,”ucap Yulius.

Terkait hal tersebut, Menejer Bisnis PT Pelindo I Cabang Dumai, Deni Rahayu Santoso, ketika dikonfirmasi awak media ini via pesan singkat (SMS), mengatakan bahwa perizinan bunker oleh KSOP, silakan kontak langsung dengan KSOP,”pesan Deni Rahayu.***(JK.Situmeang).

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here