Kapolres Inhil Komitmen Pencegahan Karhutla

0
125

Tembilahan, kompasriau-Komitmen dalam pencegahan kasus kebakaran hutan dan lahan tersebut, di-Ejahwantahkan AKBP Christian Rony Putra S.IK MH selaku Kapolres Indragiri Hilir melalui kunjungannya ke kantor BPBD Inhil.

Hal tersebut dilakukan, menyusul instruksi dan arahan yang selama ini gencar disampaikan oleh Kapolda Riau, terkait dengan proses penanganan kasus kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau, wabbilkhusus yang berada di kawasan Kabupaten Inhil.

Sebagaimana dari informasi yang bersumber dari beberapa media lokal di Riau, bahwa permasalahan karhutla adalah penyakit yang bersifat kambu kumat, artinya khusus di Provinsi Riau ini, karhutla ataupun asap sudah menjadi hal yang Musiman untuk terjadi.

Atas gejolak tersebut, Irjen Pol Drs Nandang MH selaku Kapolda Riau kerap kali menyampaikan arahannya terkait dengan kesiapsiagaan personilnya, mulai dari tingkatan terbawah, yakni Bhabinkamtibmas, Polsub, Polsek, hingga ke Jajaran Polres 12 Kabupaten Kota se- Provinsi Riau.

Oleh Karena AKBP Rony sapaan akrab dari Kapolres Inhil yang merupakan Kasatwil di daerah yang paling luas dan jaraknya paling jauh dari pusat ibukota Provinsi, membuat AKBP Rony tanggap atas instruksi dan arahan dari Kapolda Riau.

Didampingi Kabag Ops, Kompol Maison SH, pada hari Jum’at (9/2/2018), Kapolres Inhil mendatangi kantor BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Indragiri Hilir) dan langsung disambut oleh  Kalaksa BPBD, H Yuspik SH dan Kapos Basarnas Indragiri Hilir Rio Saputra, serta pejabat BPBD Inhil lainnya.

Selain karena intruksi dan arahan dari Kapolda Riau, kedatangan AKBP Rony merupakan wujud nyata dari tindak lanjut Rakor bersama Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, pada hari Selasa (6/2/2018) sekaligus guna berkoordinasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD Inhil),  terkait penanganan kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla) di Negeri seribu parit tersebut (Kabupaten Indragiri Hilir-red.

Dalam kunjungannya, Kapolres Inhil secara seksama mendengarkan informasi singkat dari Kalaksa BPBD seraya melihat dan memantau pergerakan Hotspot maupun Hotfire yang terlihat oleh Satelit Aqua, Terra dan SNPP milik BPBD Kabupaten Inhil.

Informasi yang telah disampaikan oleh Kalaksa BPBD, yakni terkait dengan perkembangan situasi penanganan karhutla yang sudah dilaksanakan oleh pihaknya serta juga informasi terkait kerjasama yang erat dan sinergis yang selama ini sudah terjalin antar semua instansi yang terkait.

Kendati pada tahun 2018 ini semua khalayak sibuk dengan persiapan penyelenggaraan pilkada serentak, apalagi di Kabupaten Indragiri Hilir yang sekaligus melaksanakan 2 (dua) Hajatan, yakni Pilgubri dan Pilbub Inhil, namun tidak membuat jajaran Polres Inhil lengah atas hal itu.

Menurut penuturan Kapolres Inhil, bahwa pihaknya tetap on the track dalam setiap penanganan kasus. “Polres Indragiri Hilir tetap berkomitmen guna menangani setiap persoalan, apalagi yang namanya Karhutla, tentu hal itu juga menjadi prioritas bersama,”ungkap Alumnus Akpol tahun 1998 tersebut.

“Pada prinsipnya kami tetap siaga atas segala hal, apalagi yang menyangkut masalah besar seperti ini. Seluruh Polsek-Polsek sejajaran Polres Inhil sudah bergegas melaksanakan apel siaga karhutla serta juga berulang kali mengecek kesiapan personil dan peralatan yang ada, seperti patroli Mitigasi dan Sosialisasi kesetiap masyarakat juga telah dilakukan. Hal ini semua adalah akumulasi dari Perintah Presiden RI melalui Bapak Kapolda Riau,”tutup AKBP Christian Rony Putra.***

Laporan : Larshen Yunus

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here