Gugatan Surya Darma, S.Ag “Kandas”

0
141

Dumai, kompasriau-Gugatan Yayasan Wahana Sinergi Nusantara  (Wasinus), yang menggugat 8 perusahaan industri pengolahan CPO termasuk Pemerintah Kota (Pemko) Dumai sebagai turut tergugat, “mentah alias kandas” di PN Dumai.

Dalam sidang lanjutan perkara yang digelar di ruang sidang Pengadilan Negeri (PN) klas IA Dumai dipimpin hakim Renaldo Meiji Hasoloan Lumban Tobing SH MH, Selasa (6/3-2018), menyatakan tidak dapat menerima gugatan penggugat Yayasan Wahana Sinergi Nusantara.

Pertimbangan hakim majelis mengatakan tidak dapat menerima atau menolak gugatan penggugat dalam perkara ini, diantaranya karena gugatan Wasinus (penggugat-red), katanya kurang pihak.

Memang, dalam gugatan penggugat Yayasan Wahana Sinergi Nusantara terkait lingkungan hidup dan tata ruang wilayah ini, tidak menggugat seluruh perusahaan yang berada di kawasan pelabuhan Pelindo I Cabang Dumai namun hanya menggugat 8 perusahaan saja termasuk Pemko Dumai selaku pihak pemberi izin kepada para teegugat.

Perusahaan lainnya yang sama berada di kawasan pantai Pelindo Dumai, diantaranya PT Ekadura, PT Holcim, PT Dumai Paracipta dan perusahaan lainnya tidak turut dalam gugatan penggugat. Karena itu, majelis hakim pun tidak dapat menerima gugatan penggugat.

Yayasan Wahana Sinergi Nusantara (Wasinus) diwakili pengurusnya Surya Darma, S.Ag. SH sebagai ketua umum, Syahrizal SH. MH, Dr Agus Marzuki SH. M.Hum, Rio Rizal SH. MH dan Ahmad Jhoni SH, selaku pihak penggugat, sebelumnya menggugat para tergugat soal lingkungan hidup dan tata ruang.

Nama-nama perusahaan yang digugat Wasinus tersebut adalah, Pemko Dumai tergugat I, PT Wimar Nabati Indonesia, tergugat II, PT Inti Benua Perkasatama tergugat III, PT Nagamas Palm Oil Lestari tergugat IV, PT Sarana Agro Nusantara tergugat V, PT Kuala Lumpur Kepong tergugat VI, PT Bulking tergugat VII, PT Sari Dumai Sejati tergugat VIII dan PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I) Cabang Dumai sebagai turut tergugat.

Dalam sidang pembacaan putusan ini, tampak tidak dihadiri kuasa penggugat Yayasan Wahana Sinergi Nusantara, sedangkan para tergugat pun hanya dihadiri oleh 3 orang kuasa dari 9 perusahaan tergugat, akan tetapi tidak penghalang untuk pembacaan putusan dari hakim majelis.

Ketiga kuasa tergugat yang hadir dalam sidang pembacaan putusan perkara lingkungan hidup dan tata ruang ini adalah kuasa dari PT Inti Benua Perkasatama, PT Nagamas Palmoil Lestari dan kuasa dari Pemko Dumai.***(Tambunan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here