Jembatan Ring Road Ditarget Rampung Sebelum Bulan Puasa

0
94

Dumai, kompasriau-Progress pengerjaan ring road atau jembatan lingkar di pelabuhan TPI menghubungkan jalan Bahtera dan jalan Nelayan laut menuju arah Bukit Timah Kota Dumai Riau, tampak mencapai ke titik 90 persen.

Hal ini karena kerja keras pihak kontraktor menggesa pengerjaan agar progres tuntas dan dapat tercapai sebelum masa pengerjaan berakhir.

Sebelumnya proyek ini sempat mengalami kendala keterlambatan dalam proses pengerjaan. Hal tersebut akibat faktor alam dan adanya perubahan desain tiang jembatan oleh owner (pelindo) yang kemudian dikerjakan oleh kontraktor karena tiang jembatan yang dubangun tahap pertama sudah lama mangkrak.

Karena itu saat ini rekanan pelindo ini tampak melakukan pengerjaan digesa mengingat masa proyek berakhir pada bulan Mei 2018 mendatang setelah mengalami addendum atau perpanjangan masa pekerjaan selama lima bulan diberikan Pelindo.

Tim leader konsultan pengawas proyek ring road PT Bina Cipta Jaya Konsultan, Aidil, mengungkapkan pihak kontraktor dan konsultan pengawas sedang mempersiapkan Crash program atau program percepatan dan Critical path untuk jalur percepatan kegiatan guna mengejar progres tercapai.

“Hari ini hingga sore kami dan pelindo akan membahasnya di pelindo cabang Dumai dengan solusi menambah shift kerja bagi manpowernya,”ujar Aidil.

Dihubungi awak media ini via WhatsApp nya, Kamis (29/3-2018), Aidil memaparkan perkembangan hasil progres jembatan lingkar yang sedang proses pengerjaan oleh PT Brantas Abipraya tersebut.

Menurut Aidil, proses pengerjaaan jembatan lingkar tahap 2 yang menelan anggaran Pelindo I Rp 57 miliar lebih ini, sudah masuk ke tahap pemasangan main bridge atau pemasangan jembatan utama yakni balok kirder Baja posisi diatas sungai.

Selain akan memasuki tahap pemasangan main bridge, saat ini sedang proses pengerjaan pemasangan cor beton rigid pada oprit jembatan sisi arah timur dan barat.

Demikian pemasangan acsesories pagar dan railling disisi barat menurut Aidil sebahagian sudah terpasang. Bahkan saat ini pihaknya sedang mempersiapkan crash program dan critcal path atau program percepatan kegiatan pada pekerjaan utama.

“Sekarang hingga sore kami dan pelindo cabang Dumai sedang melakukan pembahasan dengan solusi menambah shift kerja bagi manpower nya,”imbuh Aidil.

Kata Aidil, pihaknya menargetkan pengerjaan akan tuntas sebelum memasuki bulan puasa mendatang.

“Insyaallah tuntas sebelum puasa. Kita menargetkan pekerjaan major selesai. Dan kalau pun ada pekerjaan minor bisa dicicil,”kata Aidil.***(Tambunan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here