Upika Tanah Putih Tanjung Melawan Dirikan Plang Nama Dalam HPH PT RUJ

0
308

Dumai,kompasriau-Plang nama Unit Pimpinan Kecamatan (Upika) Tanah Putih Tanjung Melawan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), yang berdiri di dalam kawasan HPH-HTI PT Ruas Utama Jaya (RUJ), dipertanyakan banyak pihak, pasalnya plang nama Upika tersebut  berdiri sejak adanya kegiatan PT. MWTI membuka hutan di kawasan PT. RUJ.

Pantauan awak media ini di lapangan,  bahwa plang nama Upika Tanah Putih Tanjung Melawan tersebut berukuran 80 cm X 150 cm, terbuat dari pelastik berbingkai kayu dipasang dan berdiri di dalam kawasan HPH HTI PT. RUJ. Ada 2 nama dan foto  Upika, yakni nama Kapolsek Tanjung Melawan Iptu Kornel Sirait SH. Camat Tanah Putih Tanjung Melawan Nurmansyah, kemudian nama Penghulu Labuhan Papan Ahmad Saidi dan MPA (Masyarakat Peduli Api) Labuhan Tangga Ardius Tari.

Dalam plang nama Upika Kecamatan Tanjung Melawan tersebut bertuliskan “Anda Berada di wilayah Kepenghuluan Labuhan Papan Kecamatan Tanjung Melawan Kabupaten Rokan Hilir”. Plang nama Upika tersebut terdapat disetiap jalan masuk ke area kegiatan PT. MWTI.

“Mestinya plang nama, didirikan diperbatasan antara wilayah, bukan di dalam areal kawasan hutan produksi yang letaknya jauh dari keramaian, sehingga ada kesan bahwa Upika  Tanah Putih Tanjung Melawan  bersama Penghulu dan MPA, mengklaim bahwa kawasan tersebut masuk dalam wilayah Kabupaten Rokan Hilir, padahal hingga saat ini RTRW Propinsi Riau belum disahkan oleh Pemerintah Pusat,”ucap salah seorang warga kepada awak media ini,Senin (2/4/2018).

Upika Tanah Putih Tanjung Melawan  di “cap” telah mendahului Pemerintah Pusat terkait dalam pengesahan RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) beredar kabar bahwa warga Dumai yang tinggal disekitar hutan tidak dibenarkan menggarap lahan yang disebut-sebut wilayah Kabupaten Rokan Hilir. Dikabarkan plang nama Upika tersebut mengantisipasi warga pendatang diluar Rohil yang akan melakukan penggarapan lahan yang berada di dua wilayah tersebut.

Terkait adanya plang nama Upika Tanah Putih Tanjung Melawan dalam kawasan HPH HTI PT. RUJ, Koordinator Perkumpulan Penggiat Penyelamat Kekayaan Daerah Riau (P3KDR), Sofyan, ketika dimintai tanggapannya, Senin (02/04/2018), mengatakan kalau tak salah areal HPH HTI PT. RUJ berada di dua daerah antara Kota Dumai dengan Kabupaten Rokan Hilir.

“Untuk menghindari konflik ditengah-tengah masyarakat terkait masalah lahan, pihaknya akan menyurati Gubernur Riau untuk mempertanyakan klaim dari Upika Tanah Putih Tanjung Melawan terkait pemasangan plang dalam kawasan PT. RUJ dan mempertanyakan keberadaan dan aktifitas PT. MWTI tersebut,”ujar Sofyan.*** (S.Purba)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here