Walikota Dumai Hadiri Penilaian Posyandu Kenanga Ke Tingkat Nasional

0
230

Posyandu 3Dumai,kompasriau-Posyandu Kenanga Jl. Assalam, Kelurahan Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur yang berhasil meraih juara satu tingkat Provinsi dan masuk enam besar tingkat nasional, kembali mengikuti penilaian lomba Posyandu, guna meraih juara terbaik ketingkat Nasional se Indonesia, Senin (02/04/2018).

Dalam penilaian ini tim penilai Kementrian Kesehatan dan didampingi tim penilai Provinsi Posyandu 1melakukan kunjungan langsung, guna melihat sejauhmana keterpaduan pembinaan oleh Pemerintah Daerah Kota Dumai terhadap posyandu Kenanga. Selain itu juga sekaligus melihat langsung aktivitas kader posyandu dalam memberikan pelayanan.

Ketua TP-PKK Kota Dumai, Hj. Haslinar Zulkifli AS, menyebutkan, Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya promotif kesehatan berbasis masyarakat. Posyandu bahkan tumbuh aktif dan menyatu dalam kehidupan serta budaya masyarakat.

Posyandu 2“Terpilihnya Posyandu Kenanga ini merupakan utusan yang mewakili Provinsi Riau ke tingkat nasional, sungguh capaian prestasi yang luar biasa, mulai dari juara satu tingkat Kota Dumai, kemudian juara satu tingkat Provinsi hingga mencapai peringkat enam besar di tingkat nasional,”ungkap Ketua TP-PKK Kota Dumai.

Lanjutnya, salah satu yang menjadi perhatian Posyandu Kenanga Jl. Assalam Kelurahan Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur, ialah Nenek Asik yang merupakan salah satu program unggulan Posyandu tersebut, dimana nenek yang ikut mendukung program gerakan mengawasi para cucunya harus mendapat asi eklusif dari ibunya dari usia nol hingga usia enam bulan.

Selain itu kegiatan Nenek Asiek di Posyandu Kenanga juga Memberikan penyuluhan/konseling kesehatan, Mengajarkan teknik menyusui yang benar, Pemberian 2 kapsul Vitamin A warna merah 200.000 SI dan kemudian Pemantauan pemberian ASI Eklusif.

Camat Bukit Kapur Syamsir, S.Sos dalam sambutanya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Dumai dan masyarakat serta pihak terkait atas partisipasi dan kerjasamanya, baik itu persiapan segala sesuatunya hingga kegiatan ini terlaksana, tentunya kegiatan ini sebagai motivator kepada posyandu yang lain dan kader-kadernya agar ikut mendukung dan mensosialisasikan kepada masyarakat.

Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli AS. M.Si  menyambut baik atas kegiatan tersebut sekaligus menjadi kebanggaan. “Bicara soal membangun bukan hanya fisik saja, melainkan sumber Daya Manusia juga ikut dibangun.

Konsep dasar membangun SDM dimulai dari balita yakni pelayanan diposyandu, fungsi posyandu adalah menjaga gizi anak indonesia khususnya Kota Dumai, agar tetap sehat dan terjaga. Seorang nenek juga ingin melihat cucunya sehat dan mampu bersaing dimasa yang akan datang,”harap Walikota.

Walikota berharap keberadaan posyandu dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dalam pemantauan dan pelayanan kesehatan ibu dan anak. Posyandu juga terlibat dalam penanggulangan penekanan resiko kematian bayi dan anak balita dengan program pengendalian penyakit menular serta imunisasi.

Selain itu, Walikota juga menambahkan eksistensi Posyandu telah memberi dampak edukatif kepada lingkungan. Untuk mencapai prestasi memang sesuatu yang tidak mudah, karena berbagai indikator yang dilaporkan harus memenuhi kriteria-kriteria tertentu dan harus dipenuhi oleh Posyandu Kenanga.

“Kami berharap tim penilai melihat dan menilai secara objektif, apa yang ada sebenarnya di lapangan dengan harapan Posyandu Kenanga menjadi yang terbaik di tingkat nasoinal,”tutup Walikota Dumai.*** (Hms/Infotorial).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here