Walikota Dumai Buka Seleksi Tilawatil Qur’an

0
69

WAKO 2Dumai,kompasriau-Walikota Dumai, Drs. H. Zulkifli AS. M.Si membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Kecamatan Bukit Kapur,Senin malam (16/04/2018), di Jalan Agenda, Kelurahan Bukit Nenas, Kecamatan Bukit Kapur.

Diawali dengan pembacaan ayat suci al-qur’an, senarai demi senarai rangkaian kegiatan acarapun berlangsung hidmat hingga ditandainya dengan pemukulan gong oleh Walikota Dumai.

WAKO 1Hadir dalam acara tersebut, Dansat Radar Letkol (Lek), Candra Kirana Wirabakti, Ketua TP.PKK Kota Dumai, Hj. Haslinar Zulkifli AS, anggota DPRD Dumai Supriyanto, Camat Bukit Kapur, Syamsir, S.Sos, Kepala Kantor KUA Kecamatan Bukit Kapur, Taufik, S.Ag dan seluruh Lurah Kecamatan Bukit Kapur.

Laporan ketua panitia pelaksana yang disampaikan oleh Sekretaris Kecamatan Bukit Kapur Bustamam, Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Kecamatan Bukit Kapur, diikuti oleh seluruh masyarakat khususnya anak-anak dan remaja, yang mewakili Kelurahan masing-masing WAKO 3dengan rincian peserta, Kelurahan Bukit Nenas 10 orang, Kelurahan Bagan Besar 10 orang, Kelurahan Bukit Kayu Kapur 11 orang, Kelurahan Gurun Panjang 9 orang dan Kelurahan Kampung Baru 9 orang, dan keseluruhan peserta berjumlah 49 orang.

Cabang perlombaan 1 Murrotal/tartil anak putra dan putri, 2. Tillawah anak putra dan putri, 3. Tillawah remaja putra dan putri, 4. Tillawah Dewasa putra dan putri, 5. Tahfiz Qur’an satu juz putra dan putri. Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ini menggunakan anggaran APBD Kota Dumai DPA, Kecamatan Bukit Kapur.

Camat Bukit Kapur Syamsir, S.Sos dalam sambutannya mengatakan, tujuan dilaksanakanya kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ini adalah untuk mencari tilawah-tilawah berprestasi yang akan mewakili ketingkat kota serta mendukung program Pemerintah Kota Dumai mewujudkan masyarakat madani. Selain itu juga mengantisivasi masalah kenakalan remaja agar remaja kita khususnya Kota Dumai terhindar dari hal-hal yang negatif dan merugikan kita semua, kemudian mendidik anak-anak dan remaja kita senantiasa gemar membaca al-qur’an serta mempelajari al-qur’an.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli AS. M.Si dalam pidatonya mngucapkan, Alhamdulillah serta ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terkait, berperan serta sehingga dapat melaksanakan hajat yang besar ini yaitu Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ).

Tentunya apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kecamatan Bukit Kapur yang mana perhelatan STQ ini merupakan salah satu yang memperlihatkan suatu komitmen dalam mewujudkan program Pemerintah Kota Dumai.

“Bicara soal membangun, mental sumber daya manusia, juga harus diperhatikan sebagai dasar pondasi penguatan dalam kehidupan kita, yang paling penting dasar penguatan dalam menjalani kehidupan kita adalah agama jangan nantinya bidang-bidang lain berhasil dibangun, akan tetapi dibidang agama tertinggal itu akan sia-sia dan jangan sampai terjadi, karena agama itu penting dalam kehidupan kita,”tandas Walikota.

Lanjutnya, dari waktu ke waktu dunia mengalami perkembangan yang cepat diberbagai bidang, dimana perubahan kehidupan pada aspek sosial, ekonomi dan politik yang sangat terasa perubahanya. Maka dari itu kita juga perlu meningkatkan kualitas dibidang spritual tentunya dibidang keagamaan, salah satunya upaya peningkatan dibidang keagamaan yakni melalui kegiatan STQ ini,”ujar Walikota.

“Melalui moment Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ini, saya berharap agar nantinya tetap tertanam nilai-nilai gemar baca qur’an dan mencintai al-quran serta budaya maghrib mengaji agar tetap terjaga dalam kehidupan sehari hari, kemudian kepada para orang tua saya mengajak, mari kita tanamkan nilai-nilai budaya maghrib mengaji, mari kita jaga anak-anak dan remaja kita, generasi muda kita, awasi dan beri perhatian lebih, sehingga terhindar dari hal-hal yang berpengaruh buruk dampaknya, karena anak-anak dan remaja kita, generasi muda merupakan aset berharga sebagai generasi-penerus yang akan merubah zaman menjadi lebih baik,”harap Walikota. (Humas/Infotorial).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here