198 Orang TKI Bermasalah Tiba Di Pelabuhan Dumai

0
87

Dumai,kompasriau-Kantor Imigrasi Diraja Malaysia, siang tadi, Selasa (24/4-2018) mendeportasi 198 orang Pekerja Migrant Indonesia bermasalah (PMIB).

Para PMIB ini di deportasi oleh pihak Imigrasi Malaysia, diberangkatkan dari pelabuhan Malaka dan Portdikson Malaysia tujuan pelabuhan penumpang Kota Dumai-Riau.

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) status bermasalah ini diangkut dua Kapal Ferry Indomal Expres dan tiba di terminal kedatangan pelabuhan Pelindo Dumai yakni sekitar pukul 12 30 Wib.

Koordinator Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) Dumai Wilayah kerja BP3TKI Pekanbaru Riau, Humisar Saktipan Siregar A.Md, kepada wartawan kompasriau.com mengaku bahwa para TKI yang di deportasi dari Malaysia adalah status PMIB.

Setidaknya ada sekitar 198 orang para PMIB yang dideportasi pihak imigrasi diraja Malaysia melalui pelabuhan Dumai dengan dua pengangkutan kapal ferry indomal express. 109 orang diberangkatkan dari pelabuhan Malaka dan 89 orang diberangkatkan dari Portdiksen Malaysia, jelas Humisar.

Saat ditemui di kantornya P4TKI, Jalan Pauh Jaya, Kelurahan Jaya Mukti, Kecamatan Dumai Timur Kota Dumai, Humisar Saktipan Siregar A.Md, mengatakan, terhadap TKI yang dideportasi tersebut pihaknya hanya melakukan penampungan sementara di kantornya BP4TKI Dumai.

“Setelah selesai dilakukan proses pendataan, para PMIB ini akan dikembalikan atau dipulangkan ke kampung halaman masing-masing,ā€¯imbuh Humisar.

Pantauan awak media ini di terminal kedatangan pelabuhan Pelindo Dumai, saat arus deportasi para Pekerja Mingrant Indonesia bermasalah tiba di pelabuhan Dumai, satu rombongan PMIB tampak langsung diangkut petugas P4TKI ke kantor P4TKI, guna menampung sementara dan pendataan.

Sedangkan satu rombongan lainnya yang diangkut kapal ferry berbeda masih berada di ruangan kumpul terminal penumpang Pelindo Dumai dengan pantauan pihak petugas P4TKI.***(Tambunan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here