Lagi, Terdakwa Kasus Sabu 0,5 Kg Divonis Pidana Penjara 8 Tahun

0
46

DUMAI, KOMPASRIAU.com-Selasa 4 September 2018, terdakwa Bakri alias Iyen di vonis bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) kelas IA Dumai, dengan pidana penjara selama 8 tahun.

Satu hari kemudian, Rabu, (5/9/2018), majelis hakim juga menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa Yanuar Henki selama 8 tahun juga.

Terdakwa Yanuar Henki, merupakan rekan terdakwa Bakri alias Iyen, sama-sama warga Rupat Selatan (Pulau Rupat), Kabupaten Bengkalis, Riau dalam perkara ini berkas terpisah.

Pada sidang sebelumnya, kedua terdakwa yang diendus petugas BNN Kota Dumai ini dituntut hukuman oleh JPU Henky Fransiscus Munte SH, dengan tuntutan masing-masing selama 11 tahun dikurangi masa tahanan yang dijalani terdakwa sejak penahanan penyidik BNN.

Selain hukuman penjara masing-masing dijatuhkan kepada kedua terdakwa selama 8 tahun penjara oleh majelis hakim (sidang vonis terpisah), hukuman denda sebesar Rp 1 miliar juga dibebankan kepada terdakwa.

Apabila hukuman denda 1 miliar rupiah tidak dapat dipenuhi kedua terdakwa (Bakri dan Yanuar Henki-red), maka hukuman tambahan akan dijalani terdakwa masing-masing dua bulan penjara lagi.

Dalam amar putusan yang dibacakan hakim ketua Agus Rusianto SH MH, perbuatan terdakwa Bakri dan Yanuar Henki dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar pasal 114 ayat 2 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Namun, atas putusan hukuman penjara yang dijatuhkan kepada kedua terdakwa (pembacaan putusan terpisah) oleh hakim ketua, Dr Agus Rusianto SH MH dibantu hakim anggota, Aziz Muslim SH dan hakim Dewi Andriyani SH, terdakwa Bakri alias Iyen maupun terdakwa Yanuar Henki tampak keberatan.

Dalam waktu sidang berbeda dan pembacaan vonis secara terpisah, terdakwa Bakri alias Iyen maupun terdakwa Yanuar Henki kepada majelis hakim menyebut pikir-pikir atas vonis hakim yang menerpa terdakwa.

Sebagaimana diketahui, dalam surat dakwaan JPU Henky Fransiscus Munte SH dibacakan sebelumnya, bahwa terdakwa Bakri dan Yanuar Henki bersama diendus oleh petugas BNN Kota Dumai di pelabuhan Koneng, Pelintung Kota Dumai.

Dari tangan terdakwa diperoleh BB Sabu seberat setengah kilo gram lebih dan sebuah timbangan digital.***(Tambunan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here