Lapas Riau “Gali Lobang Tutup Lobang”

0
49

DUMAI, KOMPASRIAU.com-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Menhumkam) Riau, M. Diah, menyebut lapas di Riau mengalami kondisi “tambal sulam” karena warga binaan over kavasitas.

Kondisi tambal sulam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Riau yang dimaksud M. Diah, adalah ibarat gali lobang tutup lubang yakni dengan memindahkan penghuni lapas over kavasitas kepada lapas atau rutan lain yang masih dapat menampung pemindahan dimaksud.

Hal ini disampaikan M. Diah disela-sela menyampaikan kata sambutan acara serah terima jabatan (sertijab) dan pisah sambut Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB Dumai, Kamis (6/9-2018).

M.Diah mengakui bahwa sangat prihatin kondisi yang ada dialami lapas maupun rutan di Riau, dimana volume penghuni atau warga binaan lapas maupun rutan jumlahnya sangat tinggi.

Kepala Menhumkam Wilayah Riau ini mencontohkan warga binaan yang ada di Rutan kelas IIB Dumai jumlahnya sudah over kavasitas.

Karenanya imbuh M. Diah dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap Walikota Dumai atas respon dan dukungan Pemko Dumai menghibahkan sekitar 4 hektar lahan tanah guna pengembangan gedung Rutan Dumai yang baru.***(Tambunan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here